Mengenali Dengan Teliti Penyebab Oli Mesin Rembes


Kinerja mobil yang anda pakai dari waktu ke waktu tidak akan selalu sama. Pasti ada saja masalah yang akan timbul apalagi jika anda jarang untuk memeriksakan mobil ke dealer yang direkomendasikan. Entah itu masalah sistem pengapian, sistem pendingin ataupun yang berhubungan dengan oli mesin. Jika mobil yang anda pakai memang sudah cukup lama digunakan, bisa jadi kadang ada masalah oli mesin menetes atau merembes. Kenapa itu sampai terjadi? apa saja penyebab oli mesin rembes? perhatikan beberapa analisisnya diartikel ini.


Ketika anda melihat oli mesin merembes keluar, jangan menganggap sepele hal itu. Jika anda biarkan terus menerus, kemungkinan terburuknya adalah turun mesin atau overhaul. Jika sudah seperti ini, maka anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit yaitu 15-20 juta. Ini pun dengan catatan yang terkena dampaknya itu mencakup cylinder head, piston, ring piston dan beberapa komponen lain. Tapi jika block mesin yang tekena dampaknya dan harus diganti, maka harganya jadi lebih mahal lagi.

Berdasarkan pengalaman dilapangan, beberapa mobil yang turun mesin disebabkan oleh beberapa hal yaitu mobil terkena banjir, tabrakan parah dan membiarkan oli mesin menyusut. Nah, sebagian orang tampak sepele soal rembesan oli ini. Mungkin berpikir itu soal biasa, padahal tidak. Jika sudah ada gejala kecil seperti itu sebaiknya bawa ke dealer agar segera diperiksa.

Penyebab oli mesin rembes

1. Paking tutup klep rusak/aus
Ini salah satu penyebab ada rembesan oli di bagian engine. Ini terjadi karena karet atau paking yang digunakan sudah rusak atau aus, sehingga menyebabkan oli merembes. Memang masih bisa diakali dengan menambahkan lem threebond pada paking yang aus, tapi ini sangat disarankan oleh dealer. Lebih baik diganti saja, agar menghindari dampak yang lebih buruk di kemudian hari. Istilah lain yang sering disebutkan di bagian bengkel adalah seal cover valve. Ada juga yang menyebutkan gasket cylinder head cover. Untuk posisinya berada dibawah cover cylinder head, dan diatas cylinder head.

2. Seal crankshaft bocor
Nah, ini juga bagian yang menyebabkan rembesan oli akan menetes jika sudah alami kerusakan. Seringkali diawali dengan gejala volume oli mesin perlahan berkurang. Pasti ini merupakan momok yang cukup menakutkan, jika dibiarkan turun mesin tidak bisa dihindarkan lagi. Posisi komponen ini berada di bagian pompa oli, berdekatan dengan valve oli control. Komponen ini juga sering dinamakan seal crankshaft front oil.


3. Insiden parah/kecelakaan
Kuatnya benturan yang terjadi membuat bagian-bagian penting pada engine mengalami keretakan. Perhatikan mobil yang dibawa ke bengkel sehabis kecelakaan parah, jika ada oli yang menetes berarti bagian-bagian vital seperti cylinder head sudah baling atau perubahan bentuk. Memang bisa diakali dengan dibubut, namun harus memerhatikan dampak besarnya belakangan. Lebih baik menggantinya saja daripada dibubut. Mahal tapi masalah dikemudian hari bisa diminimalisir.

4. Usia kendaraan
Usia mobil yang cukup lama ditenggarai juga jadi penyebab oli mesin rembes. Bagian-bagian pelumasan di engine akan rapuh seiring berjalannya waktu. Biasanya mobil lama lebih mudah alami hal seperti ini, berbeda dengan banyaknya mobil baru sekarang ini. Jika anda saat ini memiliki mobil yang usianya cukup lama, coba tanyakan ke bagian service atau bengkel, bagian mana saja yang patut mendapat perhatian khusus. Jika anda cukup rutin berkonsultasi dan memeriksakan mobil anda, kami yakin mobil anda akan tetap terawat khususnya di bagian engine.

Posting Komentar untuk "Mengenali Dengan Teliti Penyebab Oli Mesin Rembes"