Perhatikan Dengan Teliti, Inilah Ciri-ciri Oli Mesin Motor Harus Segera diganti

Ciri-ciri oli mesin motor harus segera diganti-Merawat motor bukan hanya sebatas membersihkan bagian bodi, ban dan cover fendernya. Melakukan perawatan terhadap motor juga mencakup memperhatikan dengan baik sistem pelumasan mesin. Nah, bagi masbro yang motornya selalu wara-wiri, penting untuk memperhatikan oli mesinnya, apakah sudah bisa diganti apa belum.


Mungkin tidak semua pengguna kendaraan roda dua paham soal ini. Sebagian pengendara tidak terlalu mengerti apa dampaknya jika oli mesin tidak di ganti. Untuk membantu masbro maupun pengendara lain, kami akan menjelaskan beberapa ciri-ciri oli mesin motor harus segera diganti. Ini ulasannya.

Ciri-ciri oli mesin motor harus segera diganti

1. Jarak tempuh
Setiap 2000-4000 km, motor harus melakukan pergantian oli mesin. Jarak tempuh bisa dilihat di speedometer yang terdapat di bagian depan motor. Segera lakukan pergaantian dan jangan menunda lagi karena bisa memengaruhi komponen lain pada mesin.

2. Performa motor
Tanda-tanda harus dilakukan pergantian oli mesin juga terlihat pada performa motor yang mulai menurun. Tarikannya terasa cukup berat, seolah-olah motor yang dikendarai sedang membawa beban yang berat. Demikian juga saat anda menekan habis gas, motor tidak melaju kencang seperti biasanya. Jika ini terjadi, ada baiknya untuk mengganti oli mesinnya sesegera mungkin.


3. Perhatikan warna oli dengan membuka dipsticknya
Yang selanjutnya, ciri-ciri oli mesin motor harus segera diganti adalah dengan melihat warna dan kekentalannya. Cara ini bisa dibilang cukup sederhana karena anda langsung bisa mengetahui apakah oli mesinnya masih layak untuk digunakan. Buka dipsticknya dan teteskan olinya pada kertas, lalu lihat warna dan kekentalannya. Jika warnanya sudah hitam pekat, segera beli oli mesin baru dan gantikan dengan menggunakan alat-alat standarnya.

Posting Komentar untuk "Perhatikan Dengan Teliti, Inilah Ciri-ciri Oli Mesin Motor Harus Segera diganti"