4 Langkah Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Menggunakan Media Sosial Secara Berlebihan

Tanpa disadari seseorang bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk bermain media sosial. Padahal masih banyak kegiatan penting yang harusnya dilakukan. Menurut sebuah survei, hampir sebagian besar pengguna medsos menghabiskan waktu setidaknya 3-5 jam setiap hari. Jelaslah, jika ini tidak dikendalikan, banyak hal bisa terbengkalai.


Pertengkaran suami istri, anak remaja tidak kerjakan PR sekolah, kurang tidur saat malam hari merupakan dampak penggunaan media sosial yang berlebihan. Bahkan ada yang sampai sakit dan harus menjalani pengobatan di rumah sakit. Apa pun itu jika sudah ketergantungan, pasti dampaknya tidak baik di kemudian hari. Maka apa yang harus kamu lakukan agar tidak menggunakan medsos secara berlebihan? 

1. Perkirakan waktu yang dihabiskan untuk media sosial
Coba buat kalkulasi atau perhitungan, berapa lama waktu yang kamu habiskan setiap hari untuk berselancar di media sosial. Jika waktu yang kamu gunakan sudah terlalu berlebihan, kamu harusnya khawatir. Cukup sulit untuk menghilangkan kebiasaan ini. Cobalah buat perencanaan untuk mengurangi waktumu bermain medsos secara bertahap. Bisa jadi di kemudian hari kamu akan berhasil mengatasi masalah ini.

2. Setting batas waktu di aplikasi
Beberapa situs media sosial yang populer memiliki fitur pembatasan waktu. Kamu bisa masuk ke bagian pengaturan dan cari fitur ini. Ketika kamu sudah lewat waktu, fitur ini akan mengingatkan seperti alarm. Jika sudah mendengar pengingat seperti itu, kau harus konsisten dan bisa menahan diri untuk bermain media sosial lagi.


3. Hilangkan notifikasi
Notifikasi yng kadang-kadang muncul di beranda smartphone, akan memancingmu untuk menggunakan medsos, padahal kamu sedang ada kegiatan lain. Sangat bijak untuk menonaktifkan saja semua notifikasi yang berhubungan dengan media sosial. Dengan demikian hal-hal penting lain bisa kamu kerjakan dengan tepat waktu

4. Hapus atau blokir situs medsos
Daripada kamu terus menerus ketergantungan dan kesulitan untuk mengatur waktu, lebih baik hapus saja situs media sosial yang terdapat di smartphonemu. Cara menghapusnya cukup di uninstall saja dan situs media sosial tersebut akan hilang dari layar smartphonemu. Jika kamu belum berniat untuk menghapusnya, coba diblokir saja. Tapi upayakan untuk tidak mengintip-ngintip lagi situs medsos yang sudah diblokir.

Posting Komentar untuk "4 Langkah Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Menggunakan Media Sosial Secara Berlebihan"