5 Langkah-langkah Mengoperasikan Motor Berkopling

Mengendarai motor matic memang cukup mudah, diawali dengan menghidupkan mesin, buka pedal gas dan langsung melaju. Namun bagaimana jika yang dikendarai adalah motor dengan kopling manual? Apakah mudah untuk mengoperasikannya? Mudah, jika tahu teknik-teknik dasar untuk mengoperasikannya.

Sebelum mengendarai motor berkopling, anda terlebih dahulu harus mengetahui prinsip-prinsip dasar penggunaan kopling. Secara sederhana, kopling memiliki fungsi yang cukup penting sebagai pemutus atau proses selanjutnya ke putaran mesin menuju transmisi, dan menyederhanakan perpindahan gigi.

Berikut ini 5 langkah-langkah mengoperasikan motor berkopling 

1. Hidup mesin dan gigi diposisi netral

Hidupkan mesin motor dengan cara distarter atau memakai kunci kontak. Upayakan di detik-detik awal tetap berada pada posisi gigi netral.

2. Menarik tuas kopling 

Tarik secara perlahan tuas kopling yang berada di area setang kiri, tapi jangan terlalu kandas saat menekannya.

3. Masukkan gigi ke posisi 1 

Saat tuas masih ditekan, masukkan gigi secara perlahan juga. Jangan terlalu keras menekan persneling.

4. Putar pedal gas pelan-pelan

Setelah berada diposisi gigi 1, jangan langsung menggas habis karena akan berbahaya. Sebaliknya buka gas pelan-pelan seirama dengan langkah selanjutnya.

 5. Buka kopling secara perlahan

Setelah memutar gas secara perlahan, anda harus membuka tuas kopling juga. Tapi ini tidak dilakukan secara terburu-buru, karena bisa membuat motor secara otomatis tersentak tiba-tiba. Lakukan keduanya dengan seirama, agar motor bisa melaju perlahan.

Harus diakui, mengendarai motor kopling tidaklah mudah. Butuh pemahaman dan kesabaran sewaktu mengoperasikan motor berkopling manual. Tapi jika anda sudah mulai mahir menggunakannya, mengendarai motor berkopling dirasa bukan lagi suatu tantangan.

Posting Komentar untuk "5 Langkah-langkah Mengoperasikan Motor Berkopling "