Apa Sebenarnya Amonium Nitrat Dan Kenapa Itu Bisa Menghasilkan Ledakan Yang Dahsyat? Ini Ulasannya

Peristiwa yang mengejutkan dunia terjadi di pelabuhan Beirut awal agustus 2020. Ledakan besar meluluhlantakkan rumah-rumah dan menewaskan setidaknya ratusan orang. Menurut catatan yang dihimpun dari berbagai sumber, ledakan dahsyat itu melukai ribuan orang yang memang berada didaerah sekitar pelabuhan.


Publik pasti bertanya-tanya, darimana asal muasal ledakan itu. Ada yang mulai berspekulasi bahwa itu adalah serangan bom dari negara lain. Namun spekulasi itu dimentahkan oleh keterangan salah seorang petinggi lebanon. Ia menjelaskan awal mula sumber ledakan adalah amonium nitrat yang telah disimpan di sebuah gudang di Pelabuhan Beirut.

Apa itu amonium nitrat? ini merupakan bahan kimia yang dipakai sebagai pembuatan pupuk dan juga bahan peledak. Selain itu bahan kimia ini juga digunakan nutrisi dalam memproduksi antibiotik dan ragi. Senyawa ini biasa disebut NH4-NO3. Nah, kenapa ledakannya sangat dahsyat? itu terjadi karena amonium nitrat bersentuhan dengan api, ditambah lagi ada kemungkinan bahan-bahan mudah terbakar juga berada di sekitar area pelabuhan. 


Berdasarkan keterangan dari media setempat, ada ribuan ton amonium nitrat yang tersimpan di gudang. Tidak heran ketika dilihat dari tayangan ulang, ledakan disebut-sebut mirip dengan apa yang terjadi 75 tahun yang lalu yaitu bom atom di negara jepang. Hanya saja episentrum ledakannya memang tidak separah yang terdahulu. Namun tetap saja ledakannya menimbulkan rasa ngeri dan was-was.

Amonium nitrat termasuk senyawa kimia yang mudah terbakar. Ada kemungkinan tidak ada langkah-langkah konkret untuk menjaga gudang terhindar dari ledakan. Pihak berwenang setempat di lebanon kabarnya sedang menyelidiki pihak-pihak yang harus bertanggung jawab yang mengakibatkan banyak orang meninggal dunia dan alami luka-luka.

Posting Komentar untuk "Apa Sebenarnya Amonium Nitrat Dan Kenapa Itu Bisa Menghasilkan Ledakan Yang Dahsyat? Ini Ulasannya"