Berkarakter Cepat Dan Menantang Tapi Punya Panorama Indah, Inilah Profil Sirkuit Brno MotoGP Ceko

Profil sirkuit Brno-Sirkuit Brno merupakan trek penuh sejarah di ajang dunia balap motor. Sirkuit ini berada di negara ceko dan secara geografisnya terletak dilereng perbukitan yang indah dan memukau. Sebelumnya, sirkuit yang digunakan  hanyalah trek jalan raya tapi beberapa puluh tahun kemudian, kejuaraan balap motor diadakan di kota Brno.


Profil sirkuit Brno

Keindahan sirkuit Brno
Sirkuit Brno mempunyai jarak sekitar 5,4 km dan merupakan sirkuit favorit sebagian besar pembalap MotoGP. Soal panorama dan keindahan, sirkuit ini agak-agak mirip dengan Mugello dan Red Bull Ring. Semuanya terletak didekat perbukitan dan pepohonan hijau. Yang lebih spesial lagi, penonton bisa melihat pembalap kesayangannya dari perbukitan seperti sedang bertamasya.


Karakteristik sirkuit Brno
Sirkuit Brno berkarakter cepat dan sangat menantang bagi pembalap. Ada beberapa titik tikungan cepat dimana pembalap tidak perlu menurunkan gas. Namun ada juga tikungan berkarakter berbeda dimana para pembalap harus melakukan late braking dengan sempurna. Setidaknya sektor 1,3,5 dan 10 yang membutuhkan kepiawaian dan fisik yang prima dari para pembalap.


Trek lurus sirkuit Brno
Lebar trek yang mencapai 15 meter bisa membuat para pembalap dengan mudah mengovertake rivalnya. Sementara itu trek lurusnya tidaklah sepanjang trek lurus di sirkuit COTA yang berjarak 1200 Meter. Trek lurus disirkuit Brno hanya berjarak sekitar 636 Meter. Cukup sulit untuk mendahului rival di trek lurus ini. Menurut statistik terdahulu, mantan pembalap ducati Andrea Iannone berhasil mencetak topspeed tertinggi di sirkuit Brno padahal trek lurusnya tidak terlalu panjang.


Cuaca dan suhu sirkuit Brno
Profil sirkuit Brno cukup menarik untuk diketahui. Bicara soal cuaca, apa yang terjadi di sirkuit Brno bisa dibilang cukup unik. Cuaca dan temperatur di semua bagian sirkuit kadang tidak sama. Ada beberapa titik trek yang terkena air hujan, namun dibagian lain treknya sangat panas. Jelaslah, keadaan ini membingungkan sebagian besar pembalap. Jika memilih soft, tidak akan tahan lama sewaktu cuaca berubah jadi panas. Jika memilih hard, pasti akan tergelincir karena trek masi basah. Perubahan cuaca bahkan bisa terjadi dalam beberapa menit. Untuk itu para pembalap harus cerdas untuk memahami setiap situasi yang berubah dengan cepat.


Pilihan ban 
Dilihat dari karakteristik dan profil sirkuit Brno, pilihan ban untuk race pasti sangat krusial. Pembalap harus benar-benar bisa memperkirakan ban jenis apa yang harus digunakan. Pilihan ban yang tersedia yaitu soft, medium atau hard. Memang beberapa tahun sebelumnya, pabrikan ban mengeluarkan pilihan alternatif yaitu asimetris. Namun sepertinya kita belum tahu kelanjutannya di pagelaran berikutnya. Bukan hanya soal ban, setelan motor juga harus tepat agar bisa memenangi race. Setting motor harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti gaya membalap, tinggi badan dan faktor cuaca dan suhu aspal.


Daftar pemenang di Sirkuit Brno (sejak tahun 2000)

2019: Marc Marquez (Honda)
2018: Andrea Dovisiozo (Ducati)
2017: Marc Marquez  (Honda)
2016: Cal Crutchlow (Honda)
2015: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2014: Dani Pedrosa (Honda)
2013: Marc Marquez (Honda)
2012: Dani Pedrosa (Honda)
2011: Casey Stoner (Honda)
2010: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2009: Valentino Rossi (Yamaha)
2008: Valentino Rossi (Yamaha)
2007: Casey Stoner (Ducati)
2006: Loris Capirossi (Ducati)
2005: Valentino Rossi (Yamaha)
2004: Sete Gibernau (Honda)
2003: Valentino Rossi (Honda)
2002: Max Biaggi (Yamaha)
2001: Valentino Rossi (Honda)
2000: Max Biaggi (Yamaha)

Posting Komentar untuk "Berkarakter Cepat Dan Menantang Tapi Punya Panorama Indah, Inilah Profil Sirkuit Brno MotoGP Ceko"