Bisakah Mobil Tua Ganti Oli Mesin Pakai Yang Full Sintetik? Ini Jawabannya

Meningkatnya produksi mobil baru, pasti didasarkan dari tingginya permintaan konsumen. Pangsa pasar dunia otomotif masih cukup menjanjikan walaupun banyak rintangan yang harus dihadapi contohnya pandemi global. Jika pembelian mobil menanjak signifikan, harus juga meningkatkan kebutuhan yang menyangkut perawatan seperti part dan oli mesin.

Nah, perawatan mobil di zaman sekarang tidak boleh asal-asalan. Misalnya oli mesin, haruslah dengan kualitas yang cukup bagus agar menjaga performa mesin setiap harinya. Oli mesin berkualitas bagus kini cukup mudah dicari dan bisa digunakan saat anda ingin melakukan pergantian oli. Sebagai contoh, Oli mesin full sintetik kini jadi pilihan pengendara yang memiliki mobil baru. Tapi apakah oli full sintetik cocok digunakan untuk semua mobil? Jawabannya adalah tidak.

Ada yang beranggapan oli full sintetik bisa dipakai ke mobil tahun lama. Sebenarnya pemakaian oli bersertifikasi tinggi tidaklah cocok untuk mobil tua. Oli full sintetik umumnya lebih encer sehingga bisa berdampak ke kinerja mesin mobil jadul. Sedangkan untuk mobil tua biasanya dipakaikan oli dengan kadar SAE 10W40, yang memang cukup kental.

Untuk mobil baru, gunakanlah oli dengan kadar SAE 0W20 full sintetik. Pemakaian oli dengan spesifikasi yang tepat pasti akan membantu kinerja mesin. Dilihat dari warnanya, oli full sintetik cukup bening dan encer. Sedangkan oli dengan kadar 5W30 bisa digunakan untuk mobil yang telah dipakai 3-5 tahun.

Maka sebelum mengganti oli mesin, pastikan terlebih dahulu apa oli yang cocok dengan spesifikasi mobil yang saat ini anda gunakan. Jaga terus performa mesin dengan baik dan jangan lupa lakukan perawatan berkala jika sudah pada waktunya.

Posting Komentar untuk "Bisakah Mobil Tua Ganti Oli Mesin Pakai Yang Full Sintetik? Ini Jawabannya"