Ciri-ciri Suspensi Mobil Rusak Dan Cara Penanganannya


Kenyamanan berkendara juga ditentukan oleh kestabilan suspensi yang terdapat di bagian kolong mobil. Memang di bagian kaki-kaki atau kolong mobil terdapat komponen-komponen lain seperti tie rod, rack end, link stabil dan astarik. Namun peran suspensi juga tak kalah penting, komponen ini juga berfungsi sebagai peredam jika ada benturan di roda.


Sewaktu anda sedang memeriksakan mobil ke bagian service di dealer, jangan lupa untuk menanyakan apakah bagian suspensi masih berfungsi dengan baik. Bukan hanya bertanya, anda juga dapat melihat langsung ke tkp apakah bagian suspensi alami kebocoran atau tidak. Mobil anda akan dinaikkan ke carlift, dan anda bebas melihat bagian kaki-kaki mobil.

Jangan sampai mengabaikan pemeriksaan bagian kaki-kaki mobil. Jika suspensi sudah alami kerusakan, akibatnya bisa sangat fatal. Mobil sulit berakselerasi saat menikung atau melewati jalan yang berlubang. Jika tetap dipaksakan, kecelakaan hebat pun tak terhindarkan.


Ciri-ciri mendasar suspensi membutuhkan perbaikan adalah kebocoran oli di bodi suspensi atau tabung shockbreges. Tergantung tingkat kerusakannya, jika tidak terlalu parah, bisa diganti tapak shock saja atau karet abunya. Jika kerusakannya cukup parah, disarankan untuk menganti suspensi utuh saja. Jika bisa ganti suspensi secara bersamaan kanan dan kiri, agar tidak timpang saat digunakan.

Mobil yang telah digunakan setidaknya lebih dari tiga tahun wajib memeriksakan bagian kaki-kaki mobil khususnya suspensi. Biasanya pemicu kerusakan disebabkan oleh seringnya mobil melewati jalan berlubang dan kebiasaan membawa muatan yang cukup berat.

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Suspensi Mobil Rusak Dan Cara Penanganannya"