Helm Yang Kamu Gunakan Sering Berjamur, Ini Cara Mencegahnya

Setiap hari jutaan bahkan miliaran pengendara motor di seluruh dunia pasti menggunakan helm saat bepergian, entah itu ke kentor, sekolah maupun ke pusat perbelanjaan. Helm sangat penting untuk digunakan karena berhubungan dengan safety riding(penunjang keselamatan berkendara). Pastinya kerena itu digunakan setiap hari, anda harus berupaya ekstra untuk memastikan kondisi helm dalam keadaan baik. 


Salah satu cara untuk memastikan helm yang digunakan berada dalam keadaan yang baik yaitu dengan merawatnya. Seringkali ini tidak dilakukan oleh sebagian besar pengguna helm. Padahal setelah sekian lama dipakai, bisa saja ada jamur yang tumbuh di busanya. Ini dikarenakan keringat anda terus menempel di busa helm sementara ruang untuk udara di helm sangatlah terbatas.

Ketika anda melihat ke bagian dalam helm, pasti terlihat busanya berubah warna dan menimbulkan bau yang tidak sedap juga. Bahkan kadang potongan rambut anda pun tertinggal di dalam busa helm. Jamur yang terdapat di busa helm bisa juga diakibatkan karena air hujan yang meresap ke busa helm. Seringkali pengendara motor tidak mengeringkannya, malah keesokan harinya langsung dipakai lagi. Ini membuat busa yang lembab jadi sulit menjadi kering dan akhirnya menimbulkan jamur.


Tapi jangan khawatir masbro, agar jamur bisa dicegah, cobalah untuk meletakkan helm dengan keadaaan terbalik setelah digunakan. Ini bisa membuat udara panas dari helm bisa keluar. Demikian pula, jika helm yang anda pakai lembab, keringkan secara terbalik di tempat yang hawanya tidak terlalu panas. Dapat juga menggunakan kipas angin, agar bagian dalam helm jadi kering dan berada dalam kondisi siap pakai.

Jika anda saat ini memiliki beberapa helm di rumah, rawatlah itu dengan baik. Bersihkan bagian luar dan dalam helm, bila perlu gunakan sikat untuk menghilangkan debu pada busanya. Perawatan yang dilakukan dengan maksimal, pasti membuat anda nyaman sewaktu berkendara memakai helm.

Posting Komentar untuk "Helm Yang Kamu Gunakan Sering Berjamur, Ini Cara Mencegahnya"