Indah Tapi Cukup Menyulitkan, Inilah Profil Sirkuit Red Bull Ring di Austria

Sirkuit Red Bull Ring terletak di negara Austria dan sudah beberapa kali menggelar MotoGP. Sirkuit ini punya pemandangan yang indah, terletak diantara perbukitan dan pepohonan hijau. Temperaturnya cukup sejuk karena Red Bull Ring berada 677 meter di atas permukaan laut.

Karakteristik Sirkuit

Dilihat dari sejarahnya, sirkuit ini awalnya punya lintasan sepanjang 5,19 km, namun dimodifikasi menjadi 4,318 km. Walau lintasannya semakin dikurangi, Red Bull Ring masih dijuluki sirkuit berkarakter cepat. Ada 1 trek lurus, yang terpanjang berjarak 626 meter. Kemudian ada satu bagian tikungan cepat tapi pembalap tidak perlu merebahkan badan. Posisinya terletak di tikungan pertama(T1-T3) setelah garis finish. Bagian yang lain, ada tikungan cepat dan mengalir terletak di(T4-T10). Inilah alasannya kenapa sirkuit ini punya karakteristik yang cukup cepat.

Lebar trek lintasan sekitar 13 meter dan terdapat 10 tikungan, 3 Tikungan ke kiri dan 7 tikungan ke kanan. Tekstur treknya tidak monoton, tapi ada trek turun naik sama seperti sirkuit Mugello ataupun Portimao. Pembalap agak kesulitan saat melibas tikungan(T1,T3 dan T4), dikarenakan tikungannya tidak mengalir tapi agak patah. Pembalap harus bekerja ekstra saat melakukan pengereman.

Topspeed

Kecepatan rata-rata di sirkuit Red Bull Ring di MotoGP hanya menyentuh 183,2km/jam. Rekor Topspeed sampai saat ini masih dipegang oleh Andrea Dovizioso. Ia mencetak Topspeed dengan motor desmosedici di tahun 2019 lalu, 316,7 km/jam. Sementara itu catatan waktu Best Pole masih dipegang oleh Marc Marquez, 1'23.027. Tapi untuk kemenangan terbanyak, rekor ini masih dipegang oleh Andrea Dovizioso. Ia mampu menang 2 kali di sirkuit Red Bull Ring.

Sisi keselamatan

Balapan di sirkuit Red Bull Ring cukup menantang bagi sebagian besar pembalap. Namun ada juga yang merasa sirkuit ini masih sangat berbahaya, khususnya jika balapan digelar dalam kondisi hujan. Jarak gravel dengan pagar pembatas dirasa masih cukup dekat dan membahayakan pembalap sewaktu tergelincir, sehingga ada layout trek yang harus diubah yaitu ditikungan 10. Sebagian besar pembalap juga berharap ada perubahan mendasar di titik-titik yang berbahaya.

Posting Komentar untuk "Indah Tapi Cukup Menyulitkan, Inilah Profil Sirkuit Red Bull Ring di Austria"