Ingin Baterai Laptop Lebih Tahan Lama, Ini Tips Praktisnya

Sebagian besar youtuber menggunakan laptop sebagai wadah untuk mengedit video. Proses pembuatan satu video saja bisa berlangsung cukup lama, mungkin sekitar 6-7 jam bahkan ada yang sampai 1 hari. Dilihat dari lamanya mengedit video, pasti laptop yang digunakan harus punya daya tahan yang oke khususnya dari segi baterai.


Untuk versi standarnya, laptop yang bagus biasanya dibekali baterai yang tahan digunakan sekitar 5-6 jam. Jika sudah lewat dari waktu ini, kamu harusnya menchargernya kembali. Namun, agar baterainya tahan lama dan lebih lama digunakan, kamu harus memerhatikan tips-tips berikut ini.

1. Matikan fitur lain
Saat kamu sedang mengedit video, buka fitur yang berhubungan proses pengeditan saja. Contohnya aplikasi edit video, data di my document dan potongan video yang telah didownload. Kamu tidak perlu menghidupkan musik, membuka portal berita, atau hotspot ke smartphone. Ini akan membuat kinerja laptop semakin lambat dan secara perlahan baterainya pun berkurang.

2. Sesuaikan resolusi gambar
Nah, di bagian control panel kamu akan melihat fitur yang bisa menyesuaikan kecerahan gambar. Ikuti versi standarnya atau bisa juga menurunkan kualitas gambar agar baterai bisa tahan lama saat digunakan. Biasanya saat resolusi gambar dibuat ke pecahayaan terendah, proses editing kamu bisa semakin lancar.


3. Delete aplikasi berkapasitas besar
Jika ada aplikasi berkapasitas besar dan tidak digunakan lagi, segera hapus saja. Jika kamu tetap membiarkannya, maka baterai laptop akan semakin boros. Pastikan semua aplikasi dan game di laptop tidak terupdate otomatis saat kamu menghidupkan wifi, ini juga membuat baterainya tidak tahan lama.

4. Cara mencharger yang benar
Saat daya baterai mencapai ambang batas yaitu sekitar 7 sampai 10 persen, kamu harus menchargernya kembali . Tapi sangat disarankan untuk melepas baterai saat kamu masih sibuk mengedit video sembari mengisi daya. Teknik ini sangat membantu ketahanan laaptop dan baterai yang digunakan.

Posting Komentar untuk "Ingin Baterai Laptop Lebih Tahan Lama, Ini Tips Praktisnya"