Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Pembalap MotoGP Menurunkan Kakinya Sebelum Masuk Ke Tikungan

Ada saja momen-momen di MotoGP yang selalu menarik untuk dibahas. Salah satu momen menarik yang jadi pembicaraan penikmat dunia balap motor yaitu pembalap sering menurunkan kakinya ketika akan masuk ketikungan yang mengharuskan mereka mengerem dengan kuat.

Kenapa sebagian pembalap MotoGP menurunkan kakinya sesaat sebelum masuk ke tikungan? tentu ini pertanyaan yang menarik untuk dijawab. Gerakan ini pertama kali terlihat saat balapan diselenggarakan di sirkuit jerez tahun 2005 yang lalu. Kala itu Valentino Rossi menurunkan kakinya saat akan memasuki last corner. Keduanya bersenggolan, namun malang bagi Sete Gibernau, ia meluncur ke gravel.

Setelah peristiwa itu, beberapa pembalap MotoGP mulai meniru gerakan menurunkan kaki. Salah satu contohnya yaitu Marc Marquez. Saat memasuki tikungan yang membutuhkan sistem pengereman hard braking, Marc Marquez terlihat menurunkan kakinya. Ia mengklaim cara ini ampuh untuk mengurangi kecepatan di tikungan.

Ketika jurnalis bertanya kepada Rossi soal gerakan menurunkan kaki, ia memberikan jawaban yang cukup sederhana dan logis. Ia mengatakan menurunkan kaki akan membantu pengereman khususnya saat motor dipacu dengan topspeed tinggi lalu memasuki tikungan yang cukup merepotkan. Ini berbeda dengan cornering speed, dimana pembalap tidak perlu menurunkan kaki untuk melibas tikungan.

Beberapa pengamat juga ikut berkomentar soal gerakan ini. Ada yang mengatakan gerakan menurunkan kaki membuat motor lebih stabil saat mengerem. Yang lain lagi mengatakan gerakan itu bisa memperbesar hambatan angin sehingga motor bisa melambat saat memasuki tikungan.

Posting Komentar untuk "Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Pembalap MotoGP Menurunkan Kakinya Sebelum Masuk Ke Tikungan"