Ini Yang Akan Terjadi Sewaktu Kampas Rem Depan Motor Masih Digunakan Padahal Sudah Aus

Sisi keselamatan harus menjadi fokus utama setiap pengendara motor. Sedikit saja sepele soal ini, keselamatan bisa terancam. Nah kali kami akan membahas satu bagian yang cukup vital pada motor yaitu kampas rem. Komponen ini berada tengah roda depan dan bersampingan dengan piringan cakram. 


Ini berbeda dengan kampas rem belakang, bukan cakram tapi menggunakan tromol pada umumnya. Tapi kali ini kita akan fokus pada pembahasan soal kampas rem depan. Pertanyaannya, apa yang terjadi jika kampas rem depan tetap digunakan padahal sudah aus? 

Berdasarkan pengamatan dilapangan, tetap memaksakan untuk menggunakan kampas rem yang sudah tipis bisa mengakibatkan piringan rem tergores parah. Jika keadaannya seperti itu, pengereman menjadi tidak sempurna bahkan ada bunyi mendesis. Jika dipaksa terus menerus, apalagi cuaca sedang panas-panasnya, bahkan gesekan terus-menerus antara 2 komponen bisa menimbulkan bau terbakar.


Walaupun anda telah berinisiatif dan mengganti kampas rem depan tapi disaat yang sama piringan rem atau disk brake tergores parah, pengereman juga tidak akan pakem. Tetap saja akan ada bunyi gesekan antar komponen. Maka sangat disarankan untuk mengganti piringan remnya juga, agar sisi pengereman kendaraan anda dapat bekerjaa dengan optimal.

Memang ada cara lain untuk mengakalinya tanpa harus membeli part baru. Piringan rem yang tergores parah bisa diamplas atau dibubut agar permukaannya lebih halus. Tapi, ini ada efek sampingnya, teknik ini bisa membuat piringan rem menjadi tipis, pastinya berpengaruh pada sistem pengereman motor.

Posting Komentar untuk "Ini Yang Akan Terjadi Sewaktu Kampas Rem Depan Motor Masih Digunakan Padahal Sudah Aus"