Ini Yang Akan Terjadi Jika Negara Indonesia Alami Resesi

Negara-negara diseluruh dunia kini dihadapkan pada masalah yang cukup pelik. Disaat pandemi covid-19 makin mengganas, negara-negara di seluruh dunia mulai dihadapkan pada persoalan lain yaitu resesi. Beberapa negara besar bahkan sudah masuk ke jurang resesi dan sedang berjuang keras untuk memperbaiki keadaan ekonominya.

Pertumbuhan ekonomi yang harusnya terjadi setiap tahun kini jauh dari harapan. Bukan tidak mungkin Indonesia juga akan masuk ke jurang resesi jika dikuartal berikutnya pertumbuhan ekonomi masih minus. Memang menurut prediksi beberapa pengamat, pertumbuhan ekonomi akan membaik di tahun-tahun berikutnya namun semua ini masih dihantui ketidakpastian.

Jika resesi di suatu negara benar-benar terjadi ini akan mengakibatkan lapangan pekerjaan semakin sedikit, pengangguran bertambah drastis, dan kenaikan angka kemiskinan semakin sulit dibendung. Jika sudah begini dampaknya pun akan cukup mengerikan yaitu konflik sosial atau konflik horizontal di masyarakat. Konflik terjadi karena masyarakat membutuhkan pendapatan untuk makan dan kebutuhan sehari-hari tapi itu tidak terpenuhi. Akibatnya ini akan mengarah ke tingkat kriminalitas yang semakin tinggi, dan penjarahan dimana-mana.

Hal lain lagi yang akan terjadi yaitu investasi menurun drastis karena dana yang dibutuhkan sudah dialokasikan untuk kebutuhan yang benar-benar urgent. Bukan hanya itu, bisnis properti yang selama ini cukup menjanjikan, akan menurun tajam. Masyarakat sudah mulai berpikir untuk menunda dulu membeli rumah atau sekedar menyewa saja.

Nah, yang pasti akan terjadi jika resesi adalah pinjaman dan utang akan semakin meningkat tajam. Karena mata pencaharian tidak ada lagi akibat terkena PHK, orang-orang membutuhkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti makanan, biaya tagihan dan pendidikan.

Posting Komentar untuk "Ini Yang Akan Terjadi Jika Negara Indonesia Alami Resesi"