Inilah 4 Fungsi Pelumas Untuk Motor Yang Kamu Kendarai

Mesin dan beberapa komponen yang terdapat di motor pasti membutuhkan pelumas untuk mendukung kinerjanya. Pelumas memiliki fungsi yang sangat vital sehingga bisa membuat motor yang kamu pakai jadi awet dan tahan lama. Bisa jadi sibuknya aktivitas membuat kamu jarang memberi pelumas ke bagian-bagian yang sering terjadi gesekan di motor. 

Agar kamu tidak salah kaprah, ketahuilah beberapa fungsi pelumas untuk motor. Berikut ini fungsi-fungsinya.

1. Pelumas untuk antikarat

Komponen-komponen motor yang seringkali berkarat mencakup bagian mesin, rantai, standar motor, dan piringan rem.

Untuk tetap mendukung kinerja komponen-komponen ini, dengan rutin periksa semua bagian-bagian yang cenderung berkarat dan segera berikan pelumas. Dengan demikian karat bisa ditanggulangi sesegera mungkin.

2. Membersihkan debu dan pasir

Ketika banyak debu atau kotoran yang menempel bahkan di celah-celah yang sulit dibersihkan, pelumas mampu masuk ke bagian-bagian yang sulit dijangkau jari tangan. Contohnya mur atau baut yang ukurannya sangat kecil dan berada di bagian bawah motor. Pasti sulit membersihkannya. Namun dengan pelumas, semua bisa diatasi.

3. Membuka mur dan baut berukuran mini

Untuk membuka mur dan baut berukuran mini ditambah kotoran yang sudah mengeras di permukaan mur tentunya dibutuhkan pelumas. Kadang karena kotoran sudah terlalu lama menyatu dengan mur, pasti kamu akan kesulitan membukanya bahkan dengan tools sekalipun. Maka jangan remehkan peran pelumas. Itu akan memudahkan pekerjaanmu.

4. Menghilangkan kelembaban

Bisa jadi motormu sering melewati genangan air, pastinya ini membuat komponen-komponen yang terdapat di bagian bawah motor menjadi basah. Nah, gunakan pelumas agar suhu disekitar komponen tetap stabil dan membuat performa motor semakin oke.

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Fungsi Pelumas Untuk Motor Yang Kamu Kendarai"