Kenapa Motor Mogok Setelah Lewati Genangan Air di Jalan Raya? Ini Penyebabnya

Sewaktu motor melintasi genangan air di jalan raya, biasanya komponen-komponen yang berada di bagian bawah motor akan terkena imbasnya. Ini bisa mengakibatkan kinerja motor melemah. Nah, kira-kira apa ya penyebabnya? kali ini kita akan membahas komponen apa yang terkena imbasnya kalau medan yang dilalui ada genangan air yang cukup besar.

Komponen yang seringkali terkena imbasnya jika jalanan yang dilalui tergenang air adalah busi. Bagian ini memang berhubungan erat dengan sistem pengapian yang memang berfungsi sebagai pemantik awal agar mesin bisa dihidupkan. Tidak mengherankan, beberapa orang yang tetap menerobos jalanan yang tergenang air, akhirnya alami mogok di tengah perjalanan. 

Motor tidak bisa distarter dan dihidupkan karena businya basah terkena air. Pada waktu distarter atau cara manual, motor akan sulit sekali dinyalakan. Bahkan ketika bisa dinyalakan, suaranya agak brebet dan motor tidak melaju dengan maksimal. Businya tidak mengeluarkan api sebagai pemancing di sistem pengapian.

Agar motor bisa dinyalakan kembali, coba cabut businya dengan menggunakan kain atau kertas. Lalu bersihkan badan dan ujung busi menggunakan lap kering. Setelah sekian menit menunggu, masukkan lagi busi dan coba starter motor. Biasanya motor akan langsung menyala. Tapi ingat, jangan langsung dibawa jalan, tunggu beberapa menit.

Jika motor memang tidak bisa dinyalakan padahal anda sudah membersihkan businya, anda harus memeriksa bagian lain. Tapi jika anda masih kesulitan untuk mendapatkan dimana letak troublenya, lebih baik dibawa saja ke bengkel terdekat.

Posting Komentar untuk "Kenapa Motor Mogok Setelah Lewati Genangan Air di Jalan Raya? Ini Penyebabnya"