Mengetahui Cara Kerja dan Teknologi Sistem ABS Pada Motor

Motor terbaru yang dirilis belakangan ini sudah disematkan komponen yang cukup canggih. Bukan hanya ngomongin soal gaya, motor-motor terkini juga ditambahkan komponen yang berhubungan dengan keselamatan berkendara. Salah satu komponen itu adalah Sistem pengereman anti-lock braking system (ABS). 


Mungkin kamu masih bingung yaa, apa sih Sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) itu? Dilihat dari cara kerjanya, ABS merupakan Sistem pengereman yang langsung terhubung dengan Unit ABS (ECU) sehingga mampu mengatur tekanan rem ke roda depan dan belakang. Keseimbangan lebih terjaga dan jauh lebih stabil daripada sistem pengereman yang biasa.

Sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) juga dibantu oleh sensor yang terdapat di setiap roda. Sensor membuat roda tidak terkunci oleh kampas rem, dan kamu masih bisa mengarahkan motor sambil berakselerasi. Seringkali motor yang tidak disematkan teknologi canggih ini, kesulitan menstabilkan motor saat mengerem kuat. 



Cara Kerja Sistem pengereman anti-lock braking system (ABS)

Pada waktu pengendara mulai melakukan hardbraking, sistem ABS mulai bekerja. Perintah diberikan oleh unit ABS kepada sensor yang terdapat di roda agar menstabilkan kecepatan dan menyesuaikan dengan putaran roda yang lain. Ketika kaliper mulai bekerja, sensor memberikan perintah agar mengurangi tekanan sembari menekan lagi kemudian. Proses in bisa berlangsung hingga ratusan kali dalam satu detik, bahkan kamu seringkali gak menyadarinya.

Karena memiliki fungsi yang cukup vital, Sistem pengereman anti-lock braking system jadi sesuatu yang wajib tersemat di motor-motor terkini. Memang motor yang ada sistem ABS didalamnya lebih mahal dibandingkan motor yang tidak memakai piranti dengan teknologi canggih ini. Selisihnya berkisar 5 jt-10 jt dengan motor non ABS.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Cara Kerja dan Teknologi Sistem ABS Pada Motor "