Mengetahui Fungsi Fitur Parking Brake Lock Yang Tersemat di Motor Matik

Apakah anda mengetahui fungsi fitur Parking brake lock yang tersemat di motor matik? bisa jadi tidak begitu paham apa fungsinya. Umumnya fitur ini cukup jarang digunakan dan bahkan jarang dibicarakan pengguna motor matik. 

Jika dicari persamaannya, Parking brake lock pada motor matik bisa diilustrasikan seperti parking brake pada mobil yang berfungsi agar mobil dalam keadaan terhenti saat berada di posisi tanjakan. Fitur PBL pada motor matik cukup sederhana penggunaannya alias no ribet. 

Cara mengoperasikannya yaitu tarik tuas rem belakang pada motor matik lalu selanjutnya tekan tuas kecil yang posisinya terletak di depan tuas rem. Tuas kecil yang berada di sebelah kiri setang motor akan mengaktifkan fitur PBL sehingga brake belakang akan terkunci dan akhirnya roda berada dalam posisi diam. 

Walaupun fitur PBL kadang digunakan di tanjakan, fitur ini juga bisa digunakan saat berhenti lama di perlintasan kereta api atau lampu merah di persimpangan jalan. Ini bertujuan agar motor tetap terhenti saat anda tidak sengaja menekan pedal gas. Fitur ini sangat bermanfaat dari sisi keamanan berkendara.

Jangan menganggap sepele fitur yang tersemat di motor matik ini. Walaupun kecil tapi peranannya cukup besar untuk menjaga keselamatan anda. Biasanya setiap motor matik yang diluncurkan pabrikan sudah dibekali fitur Parking brake lock. Jelaslah pabrikan motor di indonesia tetap mengutamakan sisi keamanan pengendaranya.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Fungsi Fitur Parking Brake Lock Yang Tersemat di Motor Matik"