Mengetahui Fungsi Visor Helm Saat Berkendara

Salah satu komponen penting keselamatan berkendara adalah helm. Nah, didalam helm terdapat juga bagian penting yang juga membantu keamanan berkendara yaitu visor atau kaca. Tahukah anda apa fungsi visor atau kaca saat berkendara? 

Visor yang merupakan bagian dari helm berfungsi sebagai pelindung wajah dari angin saat berkendara. Saat melaju kencang, jika visor dibuka, pasti akan sangat berbahaya. Ketika mata terkena angin, sudah pasti penglihatan ke arah depan semakin tidak fokus. Ada kemungkinan anda tidak sigap mengantisipasi kendaraan yang berada di dekat ataupun dari arah seberang jalan.

Selain itu, Visor juga sangat berguna untuk melindungi mata pengendara dari kotoran atau debu. Seringkali pengendara motor lebih suka membuka visor helm dengan alasan cuaca sedang panas. Tapi membuka visor helm ternyata bisa membahayakan pengendara itu sendiri. Debu mudah masuk ke mata dan mengganggu penglihatan juga.

Visor helm juga melindungi hidung yang adalah saluran pernapasan manusia. Menutup visor helm bisa meminimalisir debu atau asap yang masuk ke hidung. Jika debu atau asap masuk ke hidung, pasti ini akan berpengaruh ke kesehatan anda. Khususnya saat hujan, visor benar-benar membantu agar mata tetap fokus dan tidak terkena percikan air.

Sangat penting untuk merawat helm yang anda gunakan. Perawatan bukan hanya di bagian luar dan busa di sebelah dalam, tapi juga visor atau kaca helm. Jika visor helm sudah banyak baretnya, hendaknya segera di ganti saja dengan yang baru. Visor yang baru akan semakin memperjelas pandangan anda ke arah depan sewaktu berkendara.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Fungsi Visor Helm Saat Berkendara"