Belajar Mengendarai Mobil, Pakai Yang Manual Atau Matik Terlebih Dahulu?

Jika anda ingin belajar mengendarai mobil, manakah yang terlebih dahulu harus dipelajari, Mobil bertransmisi matik atau manual? Ini tergantung keinginan anda. Memang, ada yang beranggapan lebih baik belajar menggunakan mobil bertransmisi manual dulu baru setelah itu matik. Tujuannya agar lebih memahami cara kerja mobil dengan sistem transmisi yang berbeda.

Tapi sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih untuk mengendarai mobil matik saat masih belajar berkendara. Apakah itu salah? tidak juga. Justru mengendarai mobil matik lebih praktis dan anda biasanya lebih cepat memahami cara berkendara. Kondisi ini berbeda jauh saat anda mengendarai mobil bertransmisi manual, anda harus benar-benar lebih fokus lagi, khususnya saat pergantian gigi menggunakan kopling.

Berkendara dengan mobil matik cukup sederhana. Anda tidak perlu menggunakan kopling, tapi harus mengetahui fungsi-fungsi dasar penggunaan tuas matik yang terdapat di bagian tengah console. Selain itu anda juga harus mengetahui timing yang tepat kapan saatnya mengerem dan melaju kencang. Begitu pula jarak mobil yang anda kendarai dengan mobil lain.

Dilihat dari sisi kepraktisannya, mobil bertransmisi matik pasti jadi pilihan. Tapi jika bicara soal power yang keluar saat mobil melaju, pasti mobil manual lebih unggul sedikit. Tergantung pilihan anda, sekarang ini tidak dipatokkan lagi apakah anda harus mengendarai mobil manual dulu baru setelah itu matik. 

Jadi kesimpulannya, tidak ada aturan yang kaku soal belajar mengendarai mobil. Anda bebas mengendarai mobil dengan pilihan transmisi apa pun itu. Tapi selalu pahami aturan main dan cara berkendara yang aman. Semoga tips praktis ini bisa membantu anda.

Posting Komentar untuk "Belajar Mengendarai Mobil, Pakai Yang Manual Atau Matik Terlebih Dahulu?"