Dorong Motor Matik Saat Mogok Buat Rusak Sistem Penggerak, Mitos Atau Fakta?

Apakah anda pernah mendorong sepeda motor matik saat mogok? Jika pernah, apakah tindakan anda akan memengaruhi sistem penggerak dan gardannya? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya agar anda tidak terpengaruh oleh mitos yang sudah lama dibicarakan orang-orang.

Saat motor mogok, sudah pasti mesin tidak bisa dihidupkan. Ini berarti tindakan anda untuk mendorong motor tidak akan memengaruhi kinerja mesin apalagi sistem penggerak dan gardan. Jadi anggapan yang mengatakan akan memengaruhi komponen lain jika didorong, itu salah besar.

Memang saat didorong, as roda belakang dan transmisi masih akan bekerja tapi tidak seberat saat mesin dalam keadaan menyala dan motor berakselerasi. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan berlebihan, karena saat motor mogok, komponen lain tidak tidak akan alami kerusakan jika motor didorong. 

Untuk transmisi dan juga gardan sudah diberikan pelumas khusus, sehingga sewaktu motor didorong, pelumas akan membantu kerja transmisi dan as roda belakang. Ini membuat anda tidak kepayahan saat mendorong motor yang sudah mogok.

Ini sangat berbeda dengan mobil yang menggunakan transmisi matik. Mobil tidak boleh didorong dalam keadaan mogok. Jika didorong lebih bagus diderek saja. Kenapa? Karena di mobil matik terdapat pompa hidrolik yang akan berkinerja untuk menyemburkan oli saat mesin mobil dalam keadaan dinyalakan.

Posting Komentar untuk "Dorong Motor Matik Saat Mogok Buat Rusak Sistem Penggerak, Mitos Atau Fakta?"