Ini Langkah-langkah Yang Harus Anda Lakukan Jika Ban Mobil Bocor

Saat sedang berkendara tapi tiba-tiba salah satu ban mobil yang anda kendarai bocor. Apa yang harus anda lakukan? Mau tidak mau anda harus segera menggantinya. Yang jadi masalah adalah tidak ada bengkel atau tempat penggantian ban di sekitar anda. Sudah pasti anda harus menggantinya sendiri. 

Tapi anda harus berhati-hati dan memahami bagaimana sebenarnya cara mengganti ban yang bocor. Ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena ban merupakan bagian vital pada kendaraan dan berhubungan dengan keselamatan berkendara. Yang pertama-tama harus anda lakukan adalah memeriksa kelengkapan alat-alat seperti dongkrak, pengait dongkrak, dan tools lainnya.

Selanjutnya gunakan dongkrak untuk menaikkan posisi mobil agar ban yang bocor bisa dibuka. Gunakan alat pemutar untuk membuka mur, setelah itu keluarkan ban yang bocor. Lalu masukkan ban yang baru dan sesuaikan posisinya dengan tepat. Pasang lagi mur dengan alat pemutar, tapi harus diingat jangan gunakan kaki untuk memastikan semua ikatan mur sudah kuat. Anda bisa cedera jika pijakan tidak tepat. Cukup gunakan tangan saja untuk memastikannya.

Jangan terlalu kencang saat mengunci mur ke baut. Alasannya adalah jika suatu saat nanti ban mobil anda bocor lagi, membukanya akan jauh lebih sulit sob. Bahkan dibuka dengan bantuan kaki pun bisa jadi sangat sulit. Jika sudah begini, lebih baik hubungi mekanik bengkel saja. Mereka akan membawa alat pembuka mur tapi harus dihubungkan dengan listrik.

Selalu ingat pedoman dan tips membuka ban yang bocor. Jangan langsung panik jika anda sepertinya belum tahu cara membuka ban. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Pelajari dengan perlahan-lahan cara membuka ban dengan mengikuti buku panduan atau menonton videonya di youtube.

Posting Komentar untuk "Ini Langkah-langkah Yang Harus Anda Lakukan Jika Ban Mobil Bocor"