Kenapa Kawasaki Tidak Ikut Balapan di MotoGP? Ternyata Ini Alasannya

Beberapa fans MotoGP masih bertanya-tanya sampai dengan saat ini, kenapa Kawasaki tidak ikut balapan di MotoGP. Padahal Kawasaki merupakan pabrikan yang cukup diperhitungkan di dunia balap motor. Pabrikan ini cukup rutin mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru khususnya yang berhubungan dengan motor tercepat ditunjang dengan spesifikasi mumpuni.

Terhitung sejak akhir 2008, Kawasaki tidak lagi berpartisipasi di MotoGP. Ketika jurnalis bertanya kepada pihak terkait, kenapa Kawasaki tidak ikut balapan di MotoGP, mereka memberikan jawaban yang cukup jelas. Mereka menyebutkan bahwa MotoGP terlalu mahal dari sisi finansial. Krisis finansial yang terjadi sekitar tahun 2008, membuat pabrikan ini mengambil langkah-langkah efisiensi, diantaranya yaitu keluar dari MotoGP.

Karena biaya untuk mengikuti MotoGP sangatlah besar, pihak Kawasaki akhirnya memutuskan untuk berpartisipasi di ajang WSBK (World Superbike). Biaya yang dikeluarkan lebih masuk akal dan mereka bisa tetap fokus pada pengembangan motor Kawasaki berkapasitas mesin 1000 CC. Hasilnya, motor Kawasaki ZX-10RR cukup diperhitungkan kecepatannya dan bahkan mampu mengalahkan Panigale V4R besutan Ducati.

Buktinya Kawasaki lima musim berturut-turut jadi juara dunia WSBK. Pembalap Kawasaki Jonathan Rea punya andil besar dalam kesuksesan pabrikan ini selama beberapa tahun belakangan. Bahkan pabrikan Ducati belum sanggup melawan Kawasaki, jika berbicara di ajang balapan WSBK. Nah, jika mereka sukses besar di WSBK, kenapa Kawasaki tidak ikut balapan di MotoGP

Lagi-lagi pihak Kawasaki yang diwakili oleh Project Leader Ninja ZX-10RR, Yoshimoto Matsuda, dan Kawasaki Racing Team Director, Ichiro Yoda menjelaskan bahwa persoalan dana jadi satu-satunya tantangan yang harus dihadapi. Sudah jelas investasi yang dikeluarkan untuk MotoGP jauh melebihi WorldSBK. Pabrikan asal Jepang ini dituntut untuk membuat mesin prototype dan spesifikasi mengikuti aturan Dorna Sport.

Menilik sejarah masa lalu, Kawasaki sebenarnya mampu berbicara banyak di pentas MotoGP. Setidaknya 4 pembalap pernah membawa Kawasaki berada di podium kelas MotoGP. Mereka adalah Shinya Nakano, Olivier Jacque, Randy de Puniet dan Marco Melandri. Setelah itu, praktis tidak ada lagi catatan tentang Kawasaki di MotoGP.

Ketika ditanyai kenapa pabrikan Kawasaki jarang meraih kemenangan di MotoGP, pembalapnya memberikan opini bahwa motor yang mereka tunggangi belum optimal untuk ikut balapan di kelas MotoGP dan agak sulit dikendarai. Jika ingin berbicara banyak di MotoGP, pengembangan motor harus dilakukan dengan lebih serius dan biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Posting Komentar untuk "Kenapa Kawasaki Tidak Ikut Balapan di MotoGP? Ternyata Ini Alasannya"