Mematikan Mesin Dengan Cara Menurunkan Standar Samping, Apa Dampaknya Bagi Aki Motor?

Pedoman-pedoman dasar cara menggunakan sepeda motor harus anda ketahui dengan baik. Tujuannya bukan hanya untuk keselamatan anda tapi juga untuk menjaga ketahanan motor yang anda pakai setiap harinya. Apa salah satu pedoman yang harus anda ketahui?

Nah, mungkin anda sedang mengendarai motor matik, sewaktu anda memutuskan untuk mematikan mesin bisa jadi anda tidak menggunakan kunci kontak tapi menurunkan standar samping. Memang seketika itu juga, mesin tidak akan menyala. Tapi apakah tindakan itu efektif dan disarankan?

Dilihat dari sisi penggunaan memang cukup praktis, tapi rupanya menurunkan standar samping secara perlahan membuat aki motor soak. Patut diingat, menurunkan standar samping tapi lupa mematikan kunci kontak masih akan membuat sistem elektrikal motor terbebani dan pada akhirnya aki menjadi soak.

Jadi tindakan yang benar adalah setelah mematikan mesin dengan menurunkan standar samping, sesegera mungkin kunci kontak harus berada dalam posisi off. Jangan pernah melupakan hal ini, bahkan saat anda dalam keadaan terburu-buru melakukan sesuatu.

Beberapa pengendara yang pernah mengalami hal ini juga mengakui bahwa di kemudian hari motor yang mereka kendarai agak susah distarter dan nyala lampunya kurang terang di malam hari. Akibatnya aki harus diganti dengan yang baru lagi dan memakan biaya yang cukup mahal.

Posting Komentar untuk "Mematikan Mesin Dengan Cara Menurunkan Standar Samping, Apa Dampaknya Bagi Aki Motor? "