Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan Gak Aktif di Medsos

Dewasa ini, penggunaan medsos semakin meningkat karena banyak orang memilih tetap berada dirumah menghindari penyebaran Covid-19, bahkan meningkat jauh daripada sebelumnya. Memang, melihat-lihat medsos bisa menghilangkan rasa bosan saat berada dirumah namun setiap kegiatan pasti ada titik jenuhnya hingga akhirnya suatu saat nanti anda memutuskan gak aktif di medsos.

Media sosial pasti menawarkan hal yang baru setiap harinya. Jika anda tidak bisa membagi jadwal dan memilah-milah mana kegiatan yang paling penting setiap hari, anda akan seperti diperbudak oleh media sosial. Beberapa orang yang dulunya sangat aktif di medsos juga mengakui hal ini. Mereka mengatakan kegiatan seperti itu bisa sangat menyita waktu.

Browsing berita terbaru, memberikan komentar dan menekan tombol like merupakan kegiatan rutin yang dilakukan jika anda bermain media sosial. Nah, jika itu dilakukan terus-menerus pasti akan timbul rasa jenuh juga bahkan ada keinginan untuk gak aktif di medsos. Sebuah lembaga survey menyebutkan bahwa terlalu sering aktif di dunia medsos bisa menyebabkan stres dan rasa kurang percaya diri.

Kenapa anda bisa kurang percaya diri saat melihat media sosial? Jawabannya yaitu karena konten dan postingan yang dibagikan rekan, keluarga maupun orang lain belum tentu anda bisa dapatkan atau lakukan. Misalnya teman anda membuat postingan tentang prestasi yang sudah diraihnya. Sebagai teman kadang timbul rasa kurang percaya diri karena tidak mampu untuk meraih prestasi yang sama dengannya. Nah, kejadian seperti ini ternyata membuat sebagian orang memutuskan untuk gak aktif di medsos.

Keinginan untuk gak aktif di medsos mungkin pernah terpikirkan di benak anda. Tapi untuk mewujudkannya bisa jadi cukup sulit. Apa yang sudah anda pikirkan, jangan terburu-buru untuk langsung mengeksekusinya. Nah, jika anda sudah mantap keinginannya untuk gak aktif di medsos, pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Apakah anda sudah siap hidup tanpa media sosial?

Pertanyaan ini harus anda renungkan terlebih dahulu sebelum memutuskan gak akif lagi di medsos. Anda harus menjalani kehidupan yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya anda rutin browsing media sosial dan berinteraksi dengan teman-teman, sudah siapkah anda kehilangan itu semua? Kalau sudah siap, berarti tekad anda sudah bulat untuk gak aktif di medsos.

2. Apa sebenarnya motif anda gak aktif di medsos?

Nah, pertanyaan yang ini penting juga untuk ditanyakan kepada diri sendiri sob. Apakah keinginan untuk gak aktif di medsos, benar-benar agar anda lebih aktif di dunia nyata atau sebenarnya anda sedang kesal kepada teman-teman yang memamerkan perhiasan dan barang-barang mewah? Periksa dulu motif anda baru bertindak sesuai dengan apa yang sudah anda putuskan dalam hati.

3. Lebih banyak waktu melakukan kegiatan-kegiatan yang paling penting

Jika anda memang memutuskan gak aktif di medsos, aktivitas anda sehari-hari pasti akan berubah. Karena 1 hari itu sama dengan 24 jam, pasti anda mulai memikirkan kegiatan mana saja yang harus dilakukan dan masuk daftar prioritas. Gak aktif di medsos buat anda punya lebih banyak waktu untuk keluarga khususnya anak-anak yang memang masih membutuhkan bimbingan.

4. Efisiensi keuangan di masa-masa sulit

Selalulah berpikir positif jika memang anda sudah memutuskan untuk gak aktif di medsos. Pikirkan keuntungan apa yang akan anda raih saat anda tidak lagi menghabiskan waktu berselancar di dunia media sosial. Salah satu keuntungannya yaitu anda bisa menghemat paket data internet. Kuota internet yang sebelumnya anda gunakan untuk media sosial, bisa anda gunakan untuk kepentingan lain seperti mencari lowongan pekerjaan, menulis artikel dan membuat video original yang bisa menghasilkan uang.

Posting Komentar untuk "Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan Gak Aktif di Medsos"