Sistem Radio Komunikasi Sudah Mulai di Uji Coba, Efektifkah Untuk MotoGP?

Beberapa pembalap MotoGP kabarnya sudah mencoba sistem komunikasi agar bisa menerima peringatan dari Race Direction saat balapan berlangsung. Uji coba yang dilakukan di sirkuit Misano bukan hanya soal setting motor dan ban tapi juga radio komunikasi.

Pengadaan sistem radio komunikasi di MotoGP memang sudah lama diwacanakan namun belum terealisasi. Dorna Sports ingin setiap pembalap memahami bahwa sistem komunikasi ini sangat penting. Dengan adanya sistem komunikasi radio, pembalap yang diberi peringatan atau hukuman bisa langsung masuk ke pit-lane dan menjalani hukumannya.

Komunikasi melalui radio dianggap lebih efektif ketimbang pembalap langsung melihat petugas mengibarkan bendera. Pembalap kadang tidak memahami peringatan apa yang sebenarnya diberikan dan tetap menjalani balapan. Ini pernah dialami pembalap-pembalap top di MotoGP.

Walau penggunaannya masih sebatas uji coba, para pembalap langsung memberikan opininya. Mereka berkomentar tentang penggunaan headset yang katanya masih perlu diperbaharui. Dovi dan Mir dengan terus terang mengatakan penggunaan headset tidak menutup suara angin, ini jelas sangat mengganggu.

Sementara itu, CEO Dorna Sports Carmelo Ezpelata menyatakan bahwa penggunaan sistem komunikasi ini masih sebatas uji coba. Semuanya akan dirampungkan setelah mendengar masukan dari setiap pembalap, bagian mana yang harus optimalkan.

Posting Komentar untuk "Sistem Radio Komunikasi Sudah Mulai di Uji Coba, Efektifkah Untuk MotoGP? "