Valentino Rossi Uji Coba Knalpot Baru Yamaha M1 di Sirkuit Misano

Beberapa hari setelah MotoGP San Marino selesai digelar, semua pembalap diperkenankan untuk melakukan sesi uji coba. Tes resmi ini bertujuan membantu setiap pembalap untuk memahami setting yang tepat untuk di gunakan saat race dan menguji perangkat teranyar. 

Yang cukup mencolok pada sesi uji coba di Sirkuit Misano adalah Motor YZR-M1 yang ditunggangi Valentino Rossi menggunakan knalpot baru. Ini sangat berbeda dengan knalpot yang sebelumnya di pakai beberapa hari yang lalu. Knalpot yang dipakai saat race sebelumnya terlihat lebih pendek, sedangkan yang dipakai saat sesi uji coba terlihat lebih panjang.

Beberapa pihak menduga, perubahan mencolok pada sistem pengapian khususnya knalpot bertujuan untuk menambah topspeed dan akselerasi motor. Dilihat dari statistik, Motor Yamaha memang paling lambat topspeednya dibandingkan motor dari pabrikan lain seperti Honda, Suzuki dan Ducati.

Menyadari hal itu, pihak Yamaha sedang melakukan perubahan di beberapa titik pada motor agar bisa bersaing dengan pabrikan lain. Yamaha harus cepat-cepat berbenah jika ingin memastikan gelar juara dunia jatuh ke tangan mereka, baik itu dari pembalap maupun konstruktor.

Motor Yamaha saat ini masih cukup dominan jika berbicara akselerasi di tikungan mengalir. Ini terbukti saat sesi kualifikasi dan Race MotoGP San Marino. Di sesi Kualifikasi, empat pembalap Yamaha berada di urutan teratas. Saat race, pembalap Yamaha yang berhasil memenanginya. Jadi, fokus Yamaha saat ini adalah membenahi akselerasi di lintasan lurus.

Posting Komentar untuk "Valentino Rossi Uji Coba Knalpot Baru Yamaha M1 di Sirkuit Misano"