Mengenali Karakteristik Sirkuit Portimao Yang Seperti Roller Coaster

Karakteristik sirkuit Portimao-Negara Portugal akan kembali menggelar balapan MotoGP. Namun bukan di Sirkuit Estoril tapi di Sirkuit Portimao. Menariknya, hampir sebagian besar pembalap MotoGP belum memahami karakteristik sirkuit Portimao. Oleh karena itu , balapan diprediksi akan berlangsung penuh kehati-hatian tapi tetap seru.

Autodromo Internacional do Algarve merupakan nama asli sirkuit ini. Karakteristik sirkuit Portimao cukup unik. Desainnya disebut-sebut lebih mirip roller coaster. Kenapa disebutkan seperti itu? Karena lintasannya didominasi tikungan mengalir namun bergelombang.

Sirkuit ini lebih sering digunakan untuk ajang WSBK bukan MotoGP. Tidak heran pembalap WSBK, van der Mark menyebutkan lintasan Sirkuit Portimao akan lebih menguras fisik pembalap. Bukan hanya secara fisik, pembalap juga dituntut untuk menunjukkan skill balapnya. 

Karakteristik Sirkuit Portimao disebut-sebut mirip dengan Catalunya dan Philip Island. Sirkuit ini memiliki 15 tikungan, 8 tikungan ke kanan dan 7 tikungan ke kiri. Jarak lintasan mencapai 4,658 km. Pembalap yang masih memegang rekor lap time di sirkuit Portimao adalah Max Biaggi dengan mencatatkan waktu 1 menit 42.774 detik. Saat itu Biaggi masih bernaung di tim Aprilia Alitalia.

Trek Lurusnya cukup panjang dipadukan dengan tikungan tajam dan bergelombang semakin menambah daya tarik sirkuit ini. Tapi meski treknya punya daya tarik luar biasa, tikungan tanjakan dan turunan diklaim sangat berbahaya bagi pembalap yang terlalu agresif saat bermanuver.

Valentino Rossi tidak mau ketinggalan mengomentari karakteristik sirkuit Portimao. Menurutnya desain sirkuit tersebut cukup menyenangkan namun ia tidak yakin Yamaha M1 bakalan kompetitif di tempat itu. Rossi memilih bersikap realistis soal peluangnya di MotoGP Portugal.

Posting Komentar untuk "Mengenali Karakteristik Sirkuit Portimao Yang Seperti Roller Coaster"