Apa Perbedaan Spooring Dan Balancing? Ini Penjelasannya

Perbedaan Spooring dan Balancing-Kenyamanan berkendara harus jadi perhatian utama setiap pengendara mobil. Harus diingat, kenyamanan juga berkaitan erat dengan keselamatan berkendara. Lalu apa salah satu aspek keselamatan berkendara yang patut mendapat perhatian? 

Bagian kolong mobil yang juga terdapat empat ban perlu diberi perhatian lebih. Bukan hanya soal pergantian, tapi perbaikan secara berkala juga layak menjadi prioritas anda. Nah, perbaikan ban mobil mencakup Spooring dan Balancing. Namun, masih banyak yang belum memahami apa perbedaan Spooring dan Balancing. Berikut ini kita akan mengulas perbedaannya.

Perbedaan Spooring dan Balancing

Apa itu Spooring

Spooring adalah proses penyesuaian untuk meluruskan posisi empat ban mobil seperti standardnya terdahulu dari pihak pabrikan. Kenapa harus diluruskan? karena mobil sering dipakai, maka sudah pasti akan ada perubahan sudut pada ban, walaupun tidak terlalu jelas terlihat dari mata. 

Selain itu permukaan ban mobil kadang tidak rata atau keempat ban terlihat berbeda saat posisi sedang diam. Nah, biasanya bagian kolong atau kaki-kaki mulai ada masalah jika sudah seperti itu. Bukan hanya itu, pada saat anda sedang menyetir, ban yang anda arahkan tetap berada dijalan lurus tapi mulai agak menyimpang sedikit-sedikit. Itu berarti spooring pada roda mobil harus segera dilakukan.

Apa itu Balancing

Balancing merupakan proses penyeimbangan bobot seluruh ban mobil. Biasanya sering berjalannya waktu, roda atau ban akan memiliki berat yang tidak seragam. Nah, pada waktu balancing dilakukan, biasanya akan dilakukan penambahan besi atau timah di bagian dalam velg. Tujuannya adalah agar bobot ban seimbang saat dikendarai. Setelah dilakukan balancing, perbedaan akan langsung terasa. Tentunya berkendara jadi lebih nyaman dan rasa khawatir bisa lebih diminimalisir.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Spooring Dan Balancing? Ini Penjelasannya"