Bukan Hanya Soal Gaya, Ini 3 Fungsi Spoiler Belakang Mobil

Fungsi spoiler belakang mobil-Di zaman sekarang, hampir semua mobil keluaran terbaru sudah terpasang spoiler yang posisi berada di atas kaca bagasi. Konon katanya keberadaan spoiler bagasi akan menambah kesan sporty. Apakah penambahan spoiler cuma sekedar gaya-gayaan saja? atau apakah ada fungsinya?

Dahulu spoiler bagasi tidak langsung terpasang ketika anda membeli mobil baru. Untuk memperoleh part dan pemasangan spoiler belakang, anda harus rela merogoh kocek yang tidak sedikit. Kalau sekarang, hampir semua pabrikan mobil sudah memasang spoiler bagasi agar kesan sportynya tetap terpancar.

Jelaslah adanya spoiler bagasi di mobil-mobil terbaru bukan sekedar gaya-gayaan. Sebagian besar pabrikan mobil sudah mendesain sedemikian rupa, agar komponen ini benar-benar bermanfaat. Setidaknya ada 3 fungsi spoiler belakang mobil.

Fungsi spoiler belakang mobil

1. Pengendara lain mengetahui jarak aman

Spoiler bagasi yang terbaru biasanya sudah diberikan lampu berwarna merah dan tidak terlalu besar. Sewaktu berkendara di malam hari, pengendara di belakang anda akan mengetahui jarak yang sepantasnya dengan kendaraan anda. Selain lampu belakang, jelaslah lampu yang berada di spoiler belakang juga sangat berguna.

2. Meminimalisir debu dan kotoran

Kadang kotoran atau debu tidak bisa dihindarkan saat anda berkendara di jalan raya. Nah, spoiler belakanglah yang mempunyai tugas menangkal setiap debu dan kotoran. Tak hanya itu, percikan air hujan juga bisa ditangkis berkat adanya bantuan dari spoiler bagasi.

3. Lebih Aerodinamis

Saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, spoiler bagasi ternyata punya peranan penting sob. Mobil jadi lebih stabil karena spoiler bagasi dirancang memiliki lekukan-lekukan untuk membelah angin dengan baik. Demikian pula, saat berada di topspeed yang cukup tinggi, mobil akan seperti terangkat. Namun tekanan dari spoiler bagasi akan membuat lebih terkendali.

Posting Komentar untuk "Bukan Hanya Soal Gaya, Ini 3 Fungsi Spoiler Belakang Mobil"