Cara Membersihkan Kerak di Rantai Motor Non-Matik

Cara membersihkan kerak di rantai motor-Bagian yang tak kalah penting yang juga tersemat di sepeda motor non-matik adalah rantai. Fungsinya sangat vital yaitu untuk mendistribusikan power dari mesin ke bagian roda belakang. Namun, bagaimana jika rantai motor anda berkerak atau kotor, apa yang harus dilakukan?

Pertama-tama sediakan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan pembersihan kerak di rantai. Siapkan bahan-bahan seperti sikat gigi, kuas dan bensin untuk tahap pertama. Setelah itu turunkan standar tengah agar posisi motor dalam keadaan tegak dan anda bisa menjangkau bagian rantainya. Lalu secara perlahan bersihkan rantai yang telah dibasahi bensin dengan menggunakan kuas.

Kemudian setelah kerak dan kotorannya jatuh, diamkan sebentar. Lalu bersihkan kembali rantai dengan menggunakan sabun cuci piring agar kerak atau kotoran bisa benar-benar hilang. Setelah itu gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang sulit dijangkau, dimana terdapat sisa-sisa oli atau pelumas.

Tahap akhir, jangan lupa untuk membersihkan rantai dengan kain lap kering. Kemudian, berikan pelumas pada rantai dan gir bukan dengan oli bekas tapi dengan pelumas khusus yang memang disarankan oleh bagian service di dealer. Nah, cara membersihkan kerak di rantai motor pasti tidak sulit kan? anda harus mencobanya.

Setelah rantai diberi pelumas, langsung setel rantai agar tidak longgar. Perhatikan juga bagian-bagian lain seperti gir dan mata gir. Jika sudah terdapat kerusakan, jangan menunda-nunda dan segera lakukan pergantian. Komponen yang satu ini juga berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Kerak di Rantai Motor Non-Matik"