Ini Prosedur Dan Cara Bayar Perpanjang STNK

Cara bayar perpanjang STNK-Hi Guys, di zaman yang sarat dengan teknologi sekarang ini pasti semuanya bisa dilakukan dengan lebih cepat atau yang lebih dikenal dengan istilah online-online gitu. Hampir semua perusahaan besar dan instansi pemerintahan sudah menerapkan hal ini. Misalnya soal pengurusan perpanjang STNK, zaman semakin canggih berubah pula prosedur dan cara mengurusnya.

Dahulu, jika anda mau bayar perpanjang stnk, mau tidak mau anda harus langsung mendatangi layanan Samsat. Sedangkan sekarang alernatif pembayarannya cukup bervariasi guys. Bisa langsung mendatangi outletnya atau melalui aplikasi yang terdapat di Google play store. Ini dilakukan agar masyarakat semakin nyaman akan pelayanan yang diberikan dan masyarakat juga mampu memahami teknologi dengan cepat.

Memang setiap alternatif pembayaran perpanjang STNK khususnya secara online pasti ada plus minusnya. Namun pikirkan juga berapa besar biaya yang akhirnya bisa diefisiensi dan berapa banyak waktu yang terbuang saat anda langsung datang ke outletnya. Jelas sekali, didunia yang serba canggih ini, semuanya harus terlihat makin singkat dan praktis. Nah tanpa banyak bacot, kali ini kami akan membahas 3 cara pembayaran alternatif perpanjang STNK.

Cara bayar perpanjang STNK

1. Layanan Samsat Drive Thru

Cara pertama untuk bayar perpanjang STNK adalah dengan mendatangi Samsat Drive Thru. Layanan ini kurang lebih sama seperti ketika anda mengunjungi restoran fast food yang cukup terkenal. Biasanya mereka menyediakan layanan Drive Thru. Anda tinggal mengambil menu makanan yang telah dipesan sebelumnya.

Di Samsat hal yang sama juga berlaku. Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu BPKB STNK dan KTP asli. Selanjutnya anda akan diarahkan ke Loket I dan memberikan berkas yang telah anda siapkan kepada petugas yang akan memverifikasi data. Kemudian anda akan dipersilahkan untuk melakukan pembayaran di loket berikutnya.

Tapi harus diingat, layanan Drive Thru ini tidak bisa dinikmati semua pengendara kendaraan bermotor. Ini hanya bisa diaplikasikan untuk wajib pajak yang telah melakukan balik nama untuk kendaraannya. 

2. Samsat Online Nasional

Sistem pembayaran pengurusan STNK kini sepertinya diutamakan lewat online. Nah, anda harus membuat persiapan terlebih dahulu dengan mengunduh aplikasi Samolnas di Google Playstore. Aplikasi Samolnas semakin mempermudah anda untuk melakukan pembayaran melalui mobile banking atau pun web e-commerce semacam Tokopedia dan Shopee.

Cara Menggunakan Aplikasi Samsat Online Nasional

Klik aplikasi Samolnas lalu isi info PKB, kemudian masukkan nomor polisi, warna pelat, dan klik kolom cari. Setelah itu anda akan melihat informasi kendaraan dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Langsung saja daftar online. Anda sebagai pemilik mobil akan langsung diperintahkan untuk memasukkan Nomor Induk KTP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, serta nomor rangka 5 digit terakhir, nah ini biasanya tertera di STNK dan BPKB. Jika berkas-berkas telah sesuai, maka kode bayar pun akan muncul. Alternatif pembayarannya bisa menggunakan ATM BJB, BNI, BCA, BRI dan Bank Mandiri. Cara lain tentunya bisa juga melalui mobile banking, Tokopedia hingga Alfamart.

Setelah dilakukan pembayaran, bukti pembayaran berupa e-SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran) PKB sudah bisa didownload di aplikasi Samolnas. e-SKKP harus dicetak rangkap dua untuk ditukarkan dengan SKKP yang asli di kantor Samsat. Pemilik mobil harus segera melakukan pengesahan di Samsat dengan tenggat waktu maksimal 30 hari sejak pembayaran.

3. Layanan Gojek

Cara selanjutnya agar bisa perpanjang STNK adalah melalui layanan GoTagihan dari Gojek. Layanan ini tidak ribet dan cukup praktis untuk digunakan. Layanan GoService yang merupakan kolaborasi Gojek dan platform JumpaPay ini meliputi perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan dan lima tahunan serta pengurusan balik nama dan blokir STNK. Jangan khawatir, layanan ini resmi dan memiliki izin. Biasanya anda akan diminta mengisi data administrasi berupa KTP, Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dan STNK.

Jangan lupa mengisi alamat pengambilan dokumen dan segera lakukan pembayaran. Setelah pembayaran dilakukan, petugas selanjutnya akan membawa dokumen yang anda serahkan untuk perpanjang STNK. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan jangan ragu untuk mencobanya.

Posting Komentar untuk "Ini Prosedur Dan Cara Bayar Perpanjang STNK"