Memahami Dengan Benar Posisi Tangan Saat Menyetir

Posisi tangan saat menyetir-Mengendarai mobil dengan aman bukanlah perkara yang mudah. Selain harus memfokuskan pandangan ke arah depan, pengendara harus memahami satu hal yang tak kalah penting yaitu posisi tangan saat menyetir. Kenapa ini penting?

Jika posisi tangan saat menyetir sudah tepat, maka anda akan lebih nyaman saat mengemudi. Anda bisa menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dengan baik sesuai dengan fungsinya saat menyetir. Maka bagaimana posisi tangan saat menyetir yang disarankan?

Agar anda bisa lebih memahami posisinya, coba bayangkan bulatan setir seperti jam dinding yang ada dirumah. Ada yang mengatakan posisi 10 dan 2 bisa digunakan. Ini berarti posisi tangan kanan dan kiri anda persis sama sesuai dengan jam 10 dan jam 2. Namun ada kendalanya? posisi tangan seperti ini dirasa kurang pas, karena saat terjadi tubrukan keras, sudah pasti airbag akan meledak sehingga posisi tangan agak menghalangi proses pengembangan kantung udara.

Nah, bagaimana dengan posisi tangan saat menyetir yang lain? memang ada saran juga untuk menggunakan posisi 9 dan 3. Apa keuntungannya? Setir bisa lebih mudah dikendalikan kemudian saat terjadi tabrakan airbag driver akan mengembang dengan optimal sehingga keselamatan anda terjaga.

Beberapa praktisi otomotif juga menyarankan untuk menggunakan posisi 8 dan 4. Namun itu sepertinya terlalu kebawah, sehingga memengaruhi cara berkendara anda. Tapi yang patut diingat adalah jangan sampai anda memegang setir dengan satu tangan, karena bisa sangat berbahaya. Maka, sangat penting untuk selalu mengetahui posisi tangan saat menyetir dan langsung menerapkannya saat sedang berkendara.

Posting Komentar untuk "Memahami Dengan Benar Posisi Tangan Saat Menyetir"