4 Komponen Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Mobil Injeksi

Perawatan mobil injeksi jelas sangat berbeda dengan mobil non injeksi(karburator). Pada mobil injeksi, perawatannya mencakup beberapa bagian yang tersemat di bagian mesin sekaligus elektrikal. Kemudian perawatannya juga lebih cepat dan sederhana.

Bagi anda yang memang masih belum mengerti komponen-komponen mobil berbahan bakar injeksi, ada baiknya anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Tujuannya agar anda lebih paham cara kerja sistem injeksi, kemudian bagian mana yang memang harus dilakukan perawatan pada mobil. Tidak asal-asalan langsung ganti sana ganti sini.

Berikut ini bagian-bagian yang harus diperhatikan saat anda melakukan perawatan mobil injeksi.

1. Saringan hawa (filter udara)

Bagian ini harus selalu mendapat perhatian jika anda melakukan perawatan pada mobil. Filter udara seringkali menghitam setelah beberapa waktu pemakaian. Maka, alangkah lebih baik untuk dibersihkan menggunakan selang angin. Jika sudah tidak bisa dibersihkan, harus dilakukan pergantian saja.

2. Saringan bensin (filter bensin)

Filter bensin terletak di dekat pompa bensin dan pelampung minyak. Dahulu, bagian ini jarang terjadi kerusakan. Sedangkan sekarang bagian ini masuk dalam daftar bagian yang harus diganti per berapa bulan sekali atau menurut jarak tempuh mobil. Bagian ini harus berfungsi dengan baik karena berhubungan erat dengan sistem bahan bakar.

3. Throttle Body

Performa mesin sangat erat kaitannya dengan Throttle Body. Patut diingat, bagian Throttle Body jarang sekali mengalami kerusakan. Tapi jika anda secara terus menerus mengabaikan perawatan di komponen ini, suatu saat Throttle Body pasti akan bermasalah, kemudian bisa merembet ke bagian lain di sistem keluar masuk udara pada mesin.

4. Baterai(aki)

Jangan lupakan komponen yang satu ini. Selalu perhatikan sampai sejauh mana ketahanan aki dan lakukan perawatan sesuai dengan petunjuk bagian service di dealer yang direkomendasikan. Sistem bahan bakar injeksi saling mendukung dengan sistem elektrikal yang didalamnya termasuk komponen aki.

Posting Komentar untuk "4 Komponen Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Mobil Injeksi"