Cara Mengganti Oli Mesin Mobil di Rumah

Cara mengganti oli mesin mobil di rumah-Jika anda memiliki mobil, lakukan perawatan secara berkala agar kondisi mesin tetap sehat. Salah satu bentuk perawatan secara berkala adalah mengganti oli mesin. Memang, pandemi covid-19 membuat ruang gerak sebagian besar manusia terbatas, sehingga enggan datang ke dealer yang sudah direkomendasikan. Jika sudah begitu, apakah bisa mengganti oli mesin mobil dirumah saja?

Jawabannya adalah bisa. Pertama-tama pastikan mesin dalam kondisi dingin, artinya mesin sudah tidak dihidupkan selama beberapa waktu. Lalu, jika anda sudah memastikan itu, siapkan wadah untuk menampung oli bekas. Taruh wadah dibawah saluran baut oli mesin.

Begitu wadah sudah disiapkan, langsung buka baut oli dengan perlahan. Harap diingat, membuka baut oli harus sesuai dengan kunci yang direkomendasikan shop manual service berkala. setelah dibuka, oli bekas akan dibiarkan jath ke wadah yang telah disiapkan. Tunggu selama beberapa waktu sampai oli bekas benar-benar mengering di dalam bak oli.

Selanjutnya pasang filter oli baru, ini biasanya sangat disarankan agar memastikan oli mesin bersih dari segala bentuk kotoran. Setelah filter oli terpasang, pasang lagi baut oli secara perlahan, tapi jangan terlalu kencang. Jika tampaknya drag baut oli mulai aus, berikan seltip disekeliling dragnya, kemudian pasang dengan benar. 

Setelah baut oli terpasang dengan benar, masukkan oli mesin yang baru namun harus sesuai dengan takaran yang telah ditentukan di buku pedoman service. Jangan kelebihan mengisi oli mesin, jangan juga kurang. Karena bisa berpengaruh ke performa mobil.

Setelah oli mesi diisi, ukur dengan stik oli, apakah sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Jika sudah selesai, segera tutup dengan kencang bagian atasnya. Lalu tunggu selama beberapa waktu, kemudian hidupkan mesin mobil dan panaskan selama beberapa menit. Jangan lupa cek indikator oli di panel dashboard mobil.

1 komentar untuk "Cara Mengganti Oli Mesin Mobil di Rumah"

Posting Komentar