Mengetahui Fungsi Seat Belt Yang Tersemat di Kabin Mobil

Fungsi seat belt-Keselamatan berkendara benar-benar harus diperhatikan. Jangan pernah menganggap sepele hal ini karena bisa membahayakan nyawa anda dan penumpang. Nah, salah satu fitur keselamatan yang cukup penting di dalam kabin mobil adalah seat belt atau yang sering disebut sabuk pengaman.

Namun, beberapa pengendara dan penumpang masih belum menyadari pentingnya memakai seat belt. Mereka menganggap cukup di barisan depan saja yang harus menggunakan seat belt. Apakah anggapan seperti ini benar? tidak. Bagian tengah dan belakang juga harus menggunakan seat belt agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Lalu apa sebenarnya fungsi seat belt? Menurut buku pedoman standar berkendara, fungsi seat belt yaitu menahan posisi badan agar tidak terpental saat terjadi kecelakaan. Seat belt yang terikat kencang akan meminimalisir potensi terjadinya cedera yang lebih parah.

Berdasarkan pengalaman dan fakta yang ada, pengendara dan penumpang yang memakai seat belt biasanya hanya alami luka-luka kecil atau serius, tapi belum tentu mengakibatkan kematian. Sedangkan pengendara yang tidak memakai seat belt, biasanya alami cedera parah yang akhirnya berujung ke kematian. Bahkan ada yang langsung mati di tempat kejadian.

Sangat disarankan saat anda dan penumpang mulai duduk di dalam mobil, segeralah menggunakan seat belt. Posisi seat belt berada di samping jok kursi melintang sampai ke bagian tengah kabin mobil. Jangan lupa kencangkan sabuk pengaman dan selalu waspada.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Fungsi Seat Belt Yang Tersemat di Kabin Mobil"