4 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Karena Melakukan Kesalahan di Masa Lalu

Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Namun, seringkali kesalahan yang dilakukan di masa lalu masih selalu teringat. Inilah yang membuat beberapa orang sulit melangkah maju dan menggapai cita-cita. Bahkan ada yang sampai mengalami depresi karenanya.

Harus diakui, rasa bersalah karena melakukan kesalahan di masa lalu akan terus muncul. Anda bisa saja berpikir, jika anda punya kekuatan untuk mengulang masa lalu, mungkin anda tidak akan melakukan kesalahan itu. Tapi sangat disayangkan, waktu tidak dapat diulang kembali. Kesalahan yang anda lakukan memang akan selalu terngiang-ngiang di pikiran, tapi belajarlah untuk menunjukkan kedewasaan daripada terus terpuruk.

Nah, agar hidup anda lebih bermakna, berikut ini kami akan paparkan cara mengatasi perasaan bersalah karena melakukan kesalahan di masa lalu.

Cara mengatasi perasaan bersalah

1. Stop menyalahkan diri sendiri

Anda tidak akan bisa mengubah alur cerita peristiwa di masa lalu. Maka, jangan terus-terusan menyalahkan diri sendiri. Itu hanya akan menyakiti diri sendiri. Survey menunjukkan orang yang terus-menerus merasa bersalah akan mengalami gangguan psikologis.

2. Berupaya meminta maaf

Hati akan lebih plong jika anda sudah meminta maaf kepada orang yang pernah anda kecewakan. Pernyataan tulus meminta maaf akan membuat pikiran anda lebih tenang. Di kemudian hari, anda tidak akan merasa bersalah lagi sewaktu mengingat kenangan di masa lalu.

3. Berpikir positif

Berpikir positif bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Manusia umumnya cenderung berpikiran negatif sehingga sulit untuk melangkah lebih jauh. Sadarilah potensi dan keterbatasan anda. Tetaplah bersikap realistis dan rendah hati, dengan demikian cara pikir anda bisa lebih positif.

4. Akui kesalahan yang sudah dilakukan

Sebagai manusia, kita cenderung selalu membenarkan diri walaupun sudah melakukan kesalahan yang serius. Coba untuk mengakui kesalahan, lalu berupayalah untuk tidak mengulanginya di kemudian hari. Jika anda melakukan ini, rasa bersalah perlahan-lahan akan sirna.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Karena Melakukan Kesalahan di Masa Lalu"