4 Ciri-ciri Master Rem Mobil Rusak Berat

Ciri-ciri master rem mobil rusak-Keamanan dan keselamatan harus jadi prioritas setiap pengendara. Bukan hanya tahu cara berkendara yang benar, pengendara mobil harus selalu memastikan komponen-komponen yang berhubungan dengan sistem pengereman. Beberapa komponen yang harus diperhatikan adalah kanvas rem, ABS dan master rem.

Nah, kali ini kita akan bahas sedikit tentang master rem mobil. Sebagian besar mobil baru sekarang ini masih menggunakan master rem, namun tidak ketinggalan booster rem harus juga mendapat perhatian. Lalu, apa sih ciri-ciri master rem mobil sudah rusak? Perhatikan ciri-cirinya berikut ini.

Ciri-ciri master rem mobil rusak

1. Seal master rem bermasalah

Jangan langsung mengambil kesimpulan master rem komplit yang rusak. Anda harus memastikan apakah cuma seal atau keseluruhan komponen yang rusak. Jika sealnya rusak, kinerja sistem pengereman sudah pasti akan bermasalah. Sealnya berwarna hitam dan tidak terlalu besar tapi fungsinya sangat vital untuk mencegah kebocoran pada master rem. Jika sudah rusak, upayakan segera menggantinya dengan seal yang baru.

2. Rem tidak pakem

Jika saat mengerem, ada perbedaan yang cukup mencolok dari sebelumnya yang artinya kurang pakem, maka anda harus waspada. Cobalah untuk mengocok rem lebih dari sekali, lalu coba test lagi sistem pengeremannya. Jika tidak berhasil, tidak salah lagi itu merupakan tanda-tanda ada kerusakan di bagian master cylinder. 

3. Pedal rem tidak kembali ke posisi semula

Nah, saat anda menekan pedal rem, sudah hal yang lumrah jika pedal rem akan kembali ke posisi semula. Tapi jika pedal rem tidak kembali ke posisi sebelumnya setelah anda melepaskan kaki, patut diwaspadai bagian master rem pasti sudah bermasalah. Coba kocok berulang-ulang untuk mengetahui sejauh mana tingkat problemnya.

 4. Rembesan minyak rem 

Ciri-ciri yang terakhir adalah terlihatnya rembesan minyak rem ke komponen lain di mobil. Jelas, ini sangat berbahaya bukan hanya saat anda berkendara tapi komponen lain di mobil juga akan bermasalah. Jika mendapati gejala seperti itu, segeralah memperbaikinya di bengkel terdekat.

Posting Komentar untuk "4 Ciri-ciri Master Rem Mobil Rusak Berat"