Agar Lebih Awet, Ini 4 Cara Merawat Fan Belt Mobil

Cara merawat fan belt mobil-Komponen di dalam mobil yang juga harus diperhatikan adalah fan belt. Kenapa? ya karena di dalam mobil terdapat tiga fan belt yang sangat memengaruhi kinerja mobil yang anda gunakan. Tidak jauh dari bagian mesin mobil terdapat fan belt alternator, pompa air dan kompresor AC.

Ketiga fan belt yang terdapat di bawah kap mesin mobil, benar-benar sangat vital. Satu contohnya, fan belt kompresor AC. Jika terjadi kerusakan pada fan belt kompressor AC, pasti ini memengaruhi kinerja sistem pendingin mobil yang tentunya berpengaruh terhadap kenyamanan saat berkendara. Maka untuk membuat fan belt lebih awet, apa yang harus dilakukan? 

Cara merawat fan belt mobil

1. Berikan fan belt pelumas

Sejatinya saat mesin mobil dihidupkan, maka ketiga fan belt juga akan berputar dengan kencang. Kondisi ini pasti membuat karet yang tahan panas tadi perlahan-lahan akan menyusut. Nah untuk memperlambat penyusutan berikan pelumas khusus fan belt. Ini bisa dilakukan saat mobil anda terparkir di dalam rumah.

2. Bawa ke bengkel jika ada suara berdecit

Jika timbul bunyi berdecit, itu bisa mengindikasikan salah satu dari ketiga fan belt yang terdapat di dalam mobil sudah rusak. Jangan menunda-nunda, bawa segera ke bengkel agar dilakukan pemeriksaan. Biasanya mekanik yang bertugas akan menyarankan anda untuk segera melakukan pergantian fan belt. Setelah diganti, suara decit pasti akan hilang.

3. Hindari cipratan air

Saat mobil anda melaju, perhatikan jalan di depan anda. Jika ada lubang besar dan ada genangan air, upayakan melambatkan kendaraan. Tujuannya adalah agar cipratan air tidak sampai mengenai fan belt. Hal yang sama juga berlaku saat jalanan diguyur hujan. Lebih baik pelankan kendaraan atau parkirkan di tempat yang aman.

4. Parkirkan mobil di tempat terang

Cara merawat fan belt mobil yang terakhir adalah parkirkan mobil di tempat yang pencahayaannya cukup bagus. Apa tujuannya? Biasanya tikus suka masuk ke bagian bawah kap mesin. Selain itu, tikus juga menggigit bahan-bahan berkaret seperti fan belt. Tentunya jika fan belt sudah digigit tikus, komponen tersebut harus segera diganti. Jangan sampai fan belt putus saat anda sedang berkendara.

Posting Komentar untuk "Agar Lebih Awet, Ini 4 Cara Merawat Fan Belt Mobil"