Agar Mesin Tidak Overheat, Ini 4 Cara Merawat Radiator Sepeda Motor

Cara merawat radiator sepeda motor-Selain di mobil, radiator juga telah tersemat di sepeda motor, entah itu skutik atau motor sport. Apa fungsi radiator pada sepeda motor? Saat panas pada mesin berlebihan tentunya ini bisa mengarah ke overheat, nah radiator yang mencegah overheat terjadi. 

Untuk meminimalisir terjadinya overheat pada mesin, maka penting sekali untuk melakukan perawatan berkala pada radiator. Perawatan radiator biasanya tidak satu paket dengan perawatan bagian mesin. Jika ingin merawat bagian radiator, upayakan tersendiri saja agar perawatannya lebih optimal.

Agar sepeda motor selalu terawat di bagian mesin dan radiator, anda harus mengetahui langkah-langkah perawatannya. Berikut ini cara merawat radiator sepeda motor.  

Cara merawat radiator sepeda motor

1. Cairan Coolant dikuras secara berkala

Cairan coolant perlu pergantian selama beberapa waktu. Caranya yaitu dengan dikuras terlebih dahulu, kemudian diganti dengan cairan coolant yang baru. Namun ada hal yang harus diperhatikan, menguras cairan coolant harus dilakukan oleh mekanik di bengkel resmi.

2. Pakai Cairan Coolant yang bagus

Cairan coolant yang dipakai tidak boleh sembarangan. Harus sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh bagian service di dealer. Biasanya spesifikasi cairan yang tepat untuk radiator akan dijelaskan oleh service advisor di bengkel sepeda motor.

3. Bersihkan Kisi-kisi Radiator 

Bagian kisi-kisi radiator juga harus dibersihkan karena bisa jadi ada debu atau pasir yang menempel.Namun, membersihkan kisi-kisi radiator tidak bisa dilakukan sendiri di rumah. Harus dilakukan oleh mekanik khusus bagian sistem pendingin mesin motor. 

4. Hindari penggunaan cover radiator

Bisa jadi anda bermaksud baik menggunakan cover radiator sebagai protektor radiator dari debu, kotoran dan air hujan. Namun harus diingat, kinerja motor akan terpengaruh karena cover menutup radiator keseluruhan. Malah, bisa saja radiator tidak berfungsi dengan baik 

Posting Komentar untuk "Agar Mesin Tidak Overheat, Ini 4 Cara Merawat Radiator Sepeda Motor"