Kenapa Mobil Bergetar Saat Melaju Dengan Kecepatan Tinggi? Ini Analisisnya

Saat mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi di jalan tol, pernahkah anda merasakan getaran? Jika pernah, apa sebenarnya yang jadi penyebabnya? Nah, supaya gak salah kaprah, kami akan mencoba menjelaskan beberapa kemungkinan penyebabnya kenapa mobil bergetar saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Memang saat getaran terdengar dari bagian bawah mobil, anda bisa langsung berkesimpulan bahwa masalahnya terdapat dibagian kolong atau kaki-kaki mobil. Ya, kesimpulan itu tidak salah, karena sebagian besar pengguna mobil menyatakan hal yang tidak jauh berbeda.

Menurut hasil wawancara ke beberapa pengguna mobil, sebagian besar menganggap kaki-kaki mobil adalah pangkal masalahnya kenapa mobil bergetar saat melaju dengan kecepatan tinggi. Bagian kaki-kaki mobil terdapat komponen-komponen seperti shock, tie rod, link stabil dan rack end. Jika satu komponen saja sudah bermasalah, maka getaran di bagian bawah mobil tidak bisa dihindari.

Selain itu, faktor lain juga bisa memengaruhi laju mobil seperti driveshaft FR atau sistem penggerak roda depan. Komponen ini memang jarang rusak namun bila sudah ada masalah, pasti getaran di bagian bawah mobil bisa anda rasakan saat berkendara.

Nah, salah satu komponen lain yang ditenggarai juga jadi penyebabnya adalah gearbox powersteering. Biasanya mobil dengan masa pakai 12-15 tahun sering alami problem yang satu ini. Ketika mobil dites di jalan tol dengan kecepatan tinggi, getaran dan bunyi mendengung akan langsung terasa.

Posting Komentar untuk "Kenapa Mobil Bergetar Saat Melaju Dengan Kecepatan Tinggi? Ini Analisisnya"