Wajib Tau Bro, Ini 4 Cara Merawat Rem Cakram Motor

Cara merawat rem cakram motor-Merawat motor tidak sebatas bagian mesin saja. Komponen-komponen lain yang tersemat di motor juga harus diperhatikan. Salah satu bagian yang tak kalah penting mendapat perawatan ekstra adalah rem cakram. Kenapa bagian ini harus dapat perhatian ekstra? Karena keselamatan bergantung pada bagus tidaknya rem cakram motor yang anda gunakan.

Jangan pernah menganggap sepele hal ini. Jika rem cakram motor sudah bermasalah, bisa saja kecelakaan pun tidak dapat terhindarkan. Maka, bagaimana cara merawat rem cakram motor yang benar? Perhatikan beberapa saran dan tips berikut ini.

Cara merawat rem cakram motor

1. Mengganti pad set rem

Patut diingat jika kondisi pad set atau sepatu rem sudah aus, jangan menunda-nunda untuk melakukan pergantian. Pada akhirnya jika anda membiarkan kondisi seperti itu terus berlangsung, maka pad set yang sudah aus akan bergesekan dengan cakram motor. Besi bergesekan dengan besi akan mengakibatkan kerusakan hebat pada cakram motor.

2. Perhatikan hose brake

Hose brake atau selang rem merupakan komponen yang harus anda cek dengan rutin. Jika terdapat kebocoran pada selang rem, segera lakukan pergantian. Apabila anda tidak menggantinya, minyak rem akan tumpah mengenai cakramnya sehingga performa rem cakram tidak seperti biasanya.

3. Bersihkan pasir atau kotoran yang lengket

Nah, ini yang selalu jadi masalah klasik kenapa beberapa sepeda motor bermasalah di bagian rem cakram. Sebagian orang tidak mencuci bagian cakram sampai bersih sehingga pasir atau kotoran yang tertinggal bisa memengaruhi kinerja komponen rem yang lain. Upayakan selalu untuk membersihkan bagian cakram entah itu dirumah atau di bengkel.

4. Cek Minyak Rem 

Brake fluid atau minyak rem juga berhubungan dengan performa rem cakram. Selalu perhatikan tabung minyak rem, apakah sudah terisi atau kosong. Jika kosong, isilah sesuai dengan petunjuk bagian service. Jangan ragu untuk berkonsultasi juga pada mekanik, agar anda tidak salah melakukan pengisian minyak rem.

Posting Komentar untuk "Wajib Tau Bro, Ini 4 Cara Merawat Rem Cakram Motor "