Ini 4 Penyebab Oli Motor Bocor Yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab oli motor bocor-Harus diakui, oli mesin merupakan salah satu pelumas yang paling penting untuk motor. Selain membuat tarikan motor lebih bagus, suara mesin lebih halus, ternyata oli mesin juga memengaruhi kinerja motor. Tapi, kadang ada hal-hal yang tidak terduga bisa terjadi.  

Misalnya sewaktu anda memarkirkan motor, bisa saja terdapat tetes-tetes oli di lantai. Jika keadaannya seperti itu, berarti ada yang tidak beres dengan komponen-komponen yang berhubungan dengan oli mesin. Ini sesuatu yang harus anda tangani secepatnya, jangan menunda-nunda. Nah, di artikel ini, kami akan bahas 4 penyebab oli motor bocor.

Penyebab oli motor bocor

1. Pengisian oli berlebihan

Selalu ikuti pedoman-pedoman yang terdapat di buku service sebelum mengisi oli mesin. Sebagai contoh, jika menurut buku pedoman oli yang harus diisi adalah 0,8 Liter, isilah sesuai dengan petunjuk yang diberitahu. Bagaimana jika anda mengisi oli menjadi 1 liter? Apakah ada dampaknya belakangan? Ya pasti. Kelebihan volume oli bisa menyebabkan terjadinya rembesan pada sela-sela penutup bak oli. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, pasti akan memengaruhi kinerja motor.

2. Seal oli mulai aus

Nah, seal oli punya fungsi yang sangat penting untuk menahan kebocoran atau rembesan. Biasanya seiring jangka waktu atau masa pakai motor sudah cukup lama, seal oli juga bisa aus atau pecah karena terus-terusan menahan panasnya oli mesin. Jika demikian halnya, upayakan untuk tidak mengendarai motor tersebut. Segera hubungi layanan home service dan minta mekaniknya melakukan pergantian seal oli yang lama menjadi yang baru. 

3. Packing mesin rusak

Packing mesin sangat berbeda dengan seal. Perbedaannya seperti ini, seal terbuat dari karet yang tahan panas, sedangkan packing semacam kertas pipih namun cukup tahan panas. Biasanya paking dibentuk sesuai dengan bagian permukaan cylinder head, sedangkan seal kebanyakan berbentuk bulat. Berdasarkan lamanya usia pemakaian, cukup wajar paking mesin mengalami kerusakan. Inilah yang kadang jadi penyebab oli motor bocor. Agar tidak semakin fatal, segera ganti paking mesin di dealer yang direkomendasikan.

4. Baut oli tidak tertutup rapat

Untuk menahan oli mesin tidak bocor kebawah, tentunya diperlukan baut oli. Namun, oli akan merembes ketika baut oli tidak tertutup dengan rapat. Akibatnya lantai tempat motor anda parkir, penuh dengan oli. Demikian pula percikannya bisa kemana-mana saat anda mengendarai motor tersebut. Ada baiknya berikan seltip di setiap sisi baut  agar oli agar cukup kuat menahan tekanan dan panas oli.

Posting Komentar untuk "Ini 4 Penyebab Oli Motor Bocor Yang Harus Kamu Ketahui"