Perlu Kamu Ketahui!! Inilah 5 Penyebab Mobil Brebet Saat RPM Rendah

Penyebab mobil brebet saat rpm rendah-Ketika anda mendengar suara brebet saat mobil dinyalakan berarti ada yang tidak beres dengan sistem pengapian dan sirkulasi udara di dalam mobil. Bisa jadi anda bingung mobil brebet saat rpm rendah, namun ada baiknya anda tidak langsung panik. Di tahap-tahap awal, anda bisa kok menganalisanya sendirian.

Mobil brebet saat rpm rendah pasti ada penyebabnya. Suara brebet yang timbul tidak mungkin timbul begitu saja. Menariknya, anda tidak bisa langsung mengetahui apa penyebabnya karena tidak akan ada pemberitahuan di Speedometer atau panel indikator mobil. Nah, kira-kira apa saja penyebab mobil brebet saat rpm rendah? Ini ulasannya.

Penyebab mobil brebet saat rpm rendah

1. Sensor EFI rusak

Salah satu komponen yang sangat penting di dalam mobil adalah Electronic Fuel Injection. Sensor EFI memiliki fungsi  mendeteksi kondisi suhu mesin dan sirkulasi udara. Jika sensor EFI alami kerusakan, biasanya perhitungan data disensor tidak bersesuaian dengan ECU. Akhirnya terjadilah suara brebet di RPM rendah.

2. Bahan bakar tidak sesuai

Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spek mobil. Biasanya ini akan diberitahukan saat anda pertama kali membeli mobil baru. Jangan membuat perjudian dengan mencoba bahan bakar yang harganya lebih murah. Jika anda mencobanya suara brebet kemungkinan akan timbul.

3. Busi sudah bermasalah

Komponen yang satu ini berhubungan erat dengan sistem pengapian. Komponen yang dimaksud adalah busi. Jika busi sudah mulai rusak karena pemakaian namun keadaan ini tetap dibiarkan maka brebet pasti akan terjadi. Ini disebabkan percikan api yang dihasilkan terlalu rendah. Bukan hanya suara brebet yang terdengar, mobil pun agak sulit menyala saat distarter.

4. Saringan bahan bakar kotor

Yang umum terjadi juga adalah filter bahan bakar yang kotor bisa membuat aliran bensin ke seluruh part-part mesin akan tersendat. Kondisi ini diklaim menimbulkan brebet saat rpm rendah. Ada baiknya lakukan pergantian saringan bahan bakar atau bersihkan saja jika kondisinya memang masih memungkinkan. 

5. Sistem bahan bakar

Terdapatnya gelembung udara di tangki bensin disinyalir bisa menyebabkan mobil brebet. Gelembung udara akan membuat tekanan bahan bakar tidak stabil sehingga pasokan bahan bakar cenderung agak tersendat. Kondisi ini jangan dianggap sepele, segera periksakan mobil anda ke bengkel.

Posting Komentar untuk "Perlu Kamu Ketahui!! Inilah 5 Penyebab Mobil Brebet Saat RPM Rendah"