Praktis Dan Efisien, Ini Cara Merawat Saringan Udara Motor

Cara merawat saringan udara motor-Saringan udara tidak bisa dikesampingkan dalam sistem bahan bakar motor. Komponen ini cukup berpengaruh karena bisa memengaruhi boros atau iritnya bahan bakar. Memang komponen ini tidak terlalu besar ukurannya namun pengaruhnya juga memengaruhi kinerja motor.

Saat melakukan perawatan berkala pada motor, anda tidak boleh mengabaikan saringan udara. Penting sekali untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh komponen-komponen yang berhubungan dengan saringan udara. Apakah anda tahu cara merawat saringan udara motor? kalau belum, ini langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Cara merawat saringan udara motor

1. Lepaskan saringan udara dari cover

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah melepaskan saringan udara dari covernya. Lalu, coba periksa dengan teliti bagaimana kondisinya, apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak bisa lagi digunakan. Lihat dibagian atas dan bawah saringan udara, apakah banyak debu yang menempel.

2. Bersihkan sisi luar saringan udara

Sisi luar saringan udara biasanya terbuat dari plastik atau karet. Upayakan untuk membersihkannya dengan air atau cairan khusus agar debu yang sudah lama menempel bisa hilang. Jangan sembarangan menggunakan bahan-bahan kimia karena bisa menyebabkan sisi luarnya jadi aus.

3. Bersihkan saringan hawa yang menghitam karena debu

Cara merawat saringan udara motor yang selanjutnya adalah membersihkan komponen saringan hawa yang bahannya terbuat kertas(Dry Paper). Seiring dengan lamanya pemakaian, biasanya saringan hawa akan langsung menghitam karena terkena debu. Coba ketok-ketok ke lantai agar debu beterbangan. Setelah itu bersihkan debu dengan menggunakan angin kompressor. Di bagian akhir, pasang kembali saringan udara ke covernya.

Posting Komentar untuk "Praktis Dan Efisien, Ini Cara Merawat Saringan Udara Motor"