6 Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berfungsi Dengan Baik

Penyebab lampu sein motor tidak berfungsi-Selain lampu utama(headlamp), penggunaan lampu sein juga wajib hukumnya saat anda berkendara di jalan raya. Lampu sein berfungsi sebagai penanda agar kendaraan yang berada belakang tahu dan memahami kendaraan yang berada di depan ingin berbelok ke arah kanan atau kiri.

Namun, seringkali pengendara motor tidak menyalakan lampu sein saat bermanuver ke arah kiri atau kanan. Bisa saja karena tidak memahami fitur-fitur yang terdapat di bagian setang motor atau karena lampu sein memang tidak berfungsi. Nah, jika lampu sein memang tidak berfungsi, anda harus segera mendeteksinya sembari melakukan perbaikan. 

Apa sebenarnya penyebab lampu sein motor tidak berfungsi? Berikut ini penjelasannya.

Penyebab lampu sein motor tidak berfungsi

1. Masalah pada saklar

Bagian pertama yang harus anda cek di bagian setang motor adalah saklar. Caranya adalah dengan menekan keposisi on lalu off, lakukan berulang-ulang. Jika lampu tidak menyala, maka bisa diambil kesimpulan tidak ada arus yang mengalir ke saklar. Coba bersihkan saklar, lalu pastikan saklar apakah masih bagus atau tidak.

2. Sirkuit lampu sein rusak

Komponen ini terletak dibagian dalam, tepatnya di bagian rumah lampu sein. Coba periksa terlebih dahulu, apa saja faktor-faktor penyebab lampu sein tidak menyala. Lakukan pengetesan secara berulang. Bisa saja lampu sein memang menyala tapi tidak berkedip, itu menunjukkan ada trouble di bagian sirkuit tengah. Tapi, jika gak menyala berarti, ada kabel yang tidak tersambung.

3. Bohlam putus

Penyebab lampu sein motor tidak berfungsi yang cukup sering ditemui adalah bohlamp putus. Percuma terus menerus menekan saklar, jika bola lampu memang sudah putus. Cahaya dari bohlam tidak akan muncul, walaupun saklar dan sirkuit dalam keadaan bagus. Segera ganti bohlam lama dengan bohlam baru, tapi dengan syarat, arus dan tegangan bohlamp tidak boleh berbeda. 

4. Tegangan baterai

Sebagai salah satu komponen penyalur tegangan dan arus, aki atau baterai harus diperiksa kondisinya. Biasanya jika aki mulai bermasalah, pengaruhnya cukup signifikan ke bagian-bagian elektrikal yang lain. Pertama-tama diawali dengan meredupnya cahaya lampu sein lalu belakangan lampu sein tidak berfungsi. Ini disebabkan tegangan aki kurang dari 12 volt.

5. Kabel putus

Masalah ini cukup sering ditemui, saat pengendara motor memeriksakan kendaraannya ke bengkel. Biasanya lampu sein tidak berfungsi karena kabel putus, entah itu kabel yang dekat dengan saklar atau kabel yang mengarah ke sirkuit lampu sein. Bisa saja karena gesekan dengan komponen lain atau tekanan panas yang berlebih, akibatnya kabel tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

6. Lampu sein basah

Penyebab lampu sein motor tidak berfungsi yang terakhir adalah lampu sein lembab atau basah. Biasanya ini terjadi karena setelah motor terkena air hujan, bagian lampu sein tidak dilap kering. Akhirnya secara perlahan air merembes ke bagian dalam lampu sein, lalu terjadilah korsleting. Lampu sein akhirnya tidak menyala.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berfungsi Dengan Baik"