Apa Itu Teknik Slipstream MotoGP? Ini Penjelasannya

Apa itu teknik slipstream MotoGP-Pembalap MotoGP sering menggunakan berbagai teknik dan strategi untuk meraih kemenangan. Salah satu teknik yang sering dibicarakan oleh penikmat MotoGP adalah slipstream. Teknik ini seringkali jadi bahan perdebatan, karena beberapa pembalap menganggap teknik ini sebagai kecurangan.

Jadi, apa itu teknik slipstream MotoGP? Secara garis besarnya, slipstream merupakan teknik yang digunakan oleh pembalap dengan memanfaatkan area tertentu untuk mencuri angin dari pembalap yang berada di depannya. Biasanya pembalap yang memanfaatkan teknik ini hambatan anginnya berkurang sembari menjaga kecepatan tetap stabil.

Tercatat beberapa pembalap top pernah menggunakan teknik slipstream. Marc Marquez pernah menggunakan teknik ini dengan mengikuti laju Valentino Rossi di sirkuit Sepang dan Mugello. Valentino Rossi bahkan merasa terusik dengan tindakan Marc Marquez.

Yang terbaru di musim 2021, Marc Marquez kembali memperlihatkan teknik ini di sirkuit Portimao, Portugal. Marquez mengikuti laju Joan Mir dengan jarak yang cukup dekat. Joan Mir sendiri akhirnya mengecam tindakan Marc Marquez yang dianggapnya patut dikenai hukuman.

Maka dilihat dari beberapa peristiwa yang terjadi, jelas sudah apa itu teknik slipstream MotoGP. Teknik ini masih sering digunakan beberapa pembalap MotoGP. Mungkin tujuannya agar bisa mengetahui perbandingan dan sejauh mana kecepatan motor saat sesi kualifikasi dan balapan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Teknik Slipstream MotoGP? Ini Penjelasannya"