Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Berbasis Teknologi Modern

Cara merawat transmisi manual-Perawatan secara berkala tidak melulu soal mesin, tapi ada bagian-bagian lain di mobil yang juga harus dirawat. Salah satu bagian yang harus diperhatikan kondisinya adalah transmisi. Bagian ini cukup vital karena bisa mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Di zaman sekarang ini, masih ada sebagian orang yang menggunakan mobil bertransmisi manual. Nah, mobil bertransmisi manual pasti berbeda cara merawatnya dengan mobil bertransmisi otomatis. Bisa jadi merawat mobil bertransmisi manual jauh lebih sulit dibanding mobil bertransmisi otomatis. Bagaimana cara merawat transmisi manual? perhatikan caranya berikut ini.

Cara merawat transmisi manual

1. Setel kopling

Sebelum berkendara, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu jarak pedal kopling. Jika terlalu tinggi, lakukan penyetelan kopling terlebih dahulu. Setelah disetel, biasanya perpindahan gigi lebih lembut. Selain itu, kopling juga lebih awet, bahkan jika cukup sering digunakan.

2. Rutin mengganti oli transmisi 

Selain menyetel kopling, jangan lupa untuk rutin mengganti oli transmisi. Apa tujuannya? oli transmisi bisa membuat perpindahan gigi lebih halus. Selain itu, oli transmisi membuat komponen-komponen yang berhubungan dengan prseneling bisa lebih tahan lama.

3. Gunakan oli transmisi sesuai standar

Jangan sembarangan menggunakan oli transmisi. Perhatikan viskositas atau kekentalan oli. Sangat disarankan untuk menggunakan oli transmisi dengan SAE 75-80W atau 75-90W. Untuk transmisi manual, biasanya tingkat kekentalan oli cukup tinggi. Tujuannya agar transmisi tetap terproteksi walaupun berada dalam suhu yang tinggi.

4. Menggunakan Genuine Part

Cara merawat transmisi manual yang terakhir adalah menggunakan genuine part atau suku cadang asli. Menggunakan suku cadang yang asli jelas lebih terjamin dan sudah diuji sedemikian rupa. Suku cadang asli bisa diperoleh di dealer-dealer ternama yang memang direkomendasikan praktisi-praktisi otomotif.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Berbasis Teknologi Modern"