Kapan Filter Solar Harus Diganti? Ini Penjelasan Singkatnya

Kapan filter solar harus diganti-Perawatan berkala untuk mobil bermesin diesel juga patut mendapat perhatian. Perawatan tidak hanya sebatas memerhatikan bagaimana kondisi engine dan kondisi pendingin di interior, namun ada lagi hal yang tak kalah penting yaitu memerhatikan kondisi filter solar.

Fungsi fiter solar adalah sebagai penyaring bahan bakar yang disalurkan ke ruang pembakaran. Jika filter solar dalam keadaan kotor atau disfungsi maka penyaringan terhadap bahan bakar tidak akan optimal. Bahkan yang lebih parahnya lagi, suplai bahan bakar dapat tersumbat.

Maka, kapan filter solar harus diganti? Nah, berdasarkan pengalaman beberapa mekanik mobil diesel di lapangan, pergantian filter solar sebaiknya dilakukan saat jarak tempuh mobil mencapai 15.000 Km-20.000 Km, dengan catatan memerhatikan panel indikator di speedometer.

Ini bergantung pada, apakah anda menggunakan bahan bakar diesel yang berkualitas tinggi atau rendah. Jika anda menggunakan bahan bakar diesel berkualitas tinggi, jarak tempuh 20.000 Km merupakan waktu yang ideal untuk mengganti filter solar. Namun, jika anda menggunakan bahan bakar diesel berkualitas rendah, maka penggantian filter solar bisa dilakukan setiap 10.000 Km.

Maka, Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi, pemilik mobil wajib berkonsultasi dengan mekanik terlebih dahulu bagaimana kondisi terkini filter solar yang digunakan. Sebaiknya rutin mengganti filter solar setiap 20.000 Km agar tarikan mesin lebih ringan dan suplai bahan bakar tidak tersendat.

Posting Komentar untuk "Kapan Filter Solar Harus Diganti? Ini Penjelasan Singkatnya"