Kenapa Mesin Motor Mendadak Mati? Ini Penjelasan Singkatnya

Kenapa mesin motor mendadak mati-Saat berkendara menggunakan motor di jalan raya, bisa saja ada hal yang tidak terduga terjadi tiba-tiba. Tanpa pemberitahuan, mungkin motor yang anda kendarai mogok atau mesinnya mendadak mati. Ini seringkali membuat anda panik dan gak tahu harus lakuin apa.

Jika anda panik, itu wajar. Bisa jadi anda telah berupaya keras untuk menyalakan motor tapi tidak berhasil. Ada baiknya, segera hubungi layanan hotline service sesuai dengan merek dan spesifikasi kendaraan anda. Beberapa waktu kemudian, biasanya seorang mekanik profesional akan datang membantu anda.

Nah, supaya anda tidak terlalu panik saat mesin motor mendadak mati, penting sekali untuk mengetahui apa penyebabnya. Pemahaman tentang hal ini akan membantu anda bertindak praktis. Nah, kali ini kami akan membahas kenapa mesin motor mendadak mati

Penyebab mesin motor mendadak mati

1. Masalah bahan bakar

Salah satu masalah klasik kenapa mesin motor mendadak mati adalah jenis bahan bakar yang digunakan. Oktan yang rendah bisa membuat klep tersumbat hingga akhirnya mesin mendadak mati. Maka sangat disarankan, anda menggunakan bahan bakar beroktan tinggi agar mesin lebih terjaga sepanjang waktu. Selain itu, upayakan untuk selalu memeriksa komponen-komponen lain seperti saringan udara. Jika sudah kotor, biasanya mesin terlebih dahulu brebet lalu akhirnya mati.

2. Sistem pengapian

Penyebab lainnya kenapa mesin motor mendadak mati adalah bermasalahnya komponen pengapian. Bisa jadi ada masalah pada CDI dan ignition coil, sehingga sistem kelistrikan motor terhambat. Seberapa besar pun upaya yang anda lakukan untuk menghidupkan mesin motor tidak akan berhasil, jika masalah kelistrikan tidak diatasi terlebih dahulu. Perhatikan juga saat hujan, mesin motor mendadak mati karena busi terkena percikan air. Itu membuat ujung busi tidak menghasilkan api yang memantik sistem pembakaran. Maka, sangat disarankan untuk mengeringkan terlebih dahulu ujung busi berikut penutup busi lalu satukan kembali. Setelah itu nyalakan mesin motor.

3. Overheat Mesin

Faktor berikutnya yang membuat kenapa mesin motor mendadak mati adalah overheat. Gejala ini biasanya timbul karena panas berlebihan di sekitar area mesin, disebabkan oleh adanya kebocoran oli dari paking tutup klep. Lama-kelamaan ring piston menjadi kering sehingga menimbulkan efek yang tidak bagus bagi sistem pembuangan. Salah satunya adalah knalpot mengeluarkan asap. Jika dibiarkan terus-menerus, mesin motor tidak bisa laagi dinyalakan.

Posting Komentar untuk "Kenapa Mesin Motor Mendadak Mati? Ini Penjelasan Singkatnya"